nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PLN Janji Kurangi Tagihan Listrik Pelanggan Terkena Dampak Pemadaman

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 14:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 05 320 2087871 pln-janji-kurangi-tagihan-listrik-pelanggan-terkena-dampak-pemadaman-bfGpCG1O0L.jpg Pembangkit Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berjanji memberikan kompensasi yang terkena dampak dari pemadaman listrik serentak kemarin. Apalagi, kompensasi itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) 2017 pasal 6.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, kompensasi yang akan diberikan adalah berupa pemotongan harga atau gratis untuk waktu tertentu. Pemotongan ini akan ditinjau sesuai dengan kelompoknya, berapa lama dialiri listriknya.

Baca Juga: MRT Normal, KRL Masih Alami Gangguan Imbas Mati Listrik

"Kalau gratis ada hitung-hitungannya, kan sekian jam, sekian kWh, berkisar sekian hari digratiskan 2 atau 3 hari misalnya, tergantung dari kelompok-kelompoknya, di lokasi ini berapa jam tidak dialiri listrik dari PLN, begitu kira-kira," ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Saat ini, lanjut Inten, pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap pelanggan. Mereka yang terdata nantinya akan mendapatkan pengurangan tagohan listrik secara otomatis.

Baca Juga: Usai Marah, Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Pemadaman Listrik di Sidang Kabinet

"Saat ini PLN melakukan pengumpulan data, pelanggan-pelanggan area mana terdampak, area terdampak ini kemudian diperhitungkan, diformulasikan kemudian jadi pengurang tagihan berikutnya," katanya.

Adapun rincian skema pemberian insentif akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment, dan sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik ( Non Adjustment). Penerapan ini diberlakukan untuk rekening bulan berikutnya.

Khusus untuk prabayar, pengurangan tagihan di setarakan dengan pengurangan tagihan untuk tarif listrik reguler. Pemberian kompensasi akan diberikan pada saat pelanggan memberi token berikutnya (prabayar).

Khusus untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai Service level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

Untuk perkembangan terkini (12.00) pembangkit yang sudah menyala saat ini yakni PLTU Suralaya 3 dan 8, Pembangkit Priok Blok 1-4, Pembangkit Cilegon, Pembangkit Muara Karang, PLTP Salak, PLTA Saguling, PLTA Cirata, Pembangkit Muara Tawar, Pembangkit Indramayu, Pembangkit Cikarang, PLTA Jatiluhur, PLTP Jabar, serta total 23 Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) telah beroperasi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini