nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mati Listrik Serentak di Sebagian Jawa Bukan Kategori Krisis Energi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 08 320 2089515 mati-listrik-serentak-di-sebagian-jawa-bukan-kategori-krisis-energi-gUKOUuh7Ee.jpg Listrik (Reuters)

JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) menyebut pemadaman listrik (blackout) yang dialami sebagian besar pulau Jawa bukan berarti Indonesia mengalami krisis energi. Sebab mati listrik yang terjadi beberapa waktu lalu murni karena gangguan sistem transmisi di Ungaran-Pemalang

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan, lembaganya telah meninjau pemadaman listrik dengan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2016 tentang tata cara krisis energi. Dalam Pasal 8, Menteri ESDM dan DEN melakukan identifikasi dan pemantauan langsung ketersediaan energi, saat peristiwa pemadaman listrik terjadi.

 Baca juga: Imbas Pemadaman Listrik, Ada Masyarakat Rugi Rp9 Juta karena Ikan Koi Mati

"‎Pasal 8 telah dilakukan dengan kunjungi ke PLN," ujarnya saat ditemui di Kantor Ombudsman, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

 Kwh Listrik

Djoko mengatakan, dalam Pasal 5 Ayat 2 kondisi bisa dikatakan darurat energi jika badan usaha yang mengani penyaluran energi tidak dapat memulihkan kondisi normal. Namun, dalam peristiwa pemadaman listrik pada Minggu (PLN telah melakukan penanganan pemadaman listrik.

 Baca juga: Mati Listrik Serentak, Perlukah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir?

Dari hasil laporan pda Senin sore, listrik di hampir seluruh wilayah DKI Jakarta sudah menyala. Sedanngka untuk wilayah Jawa Barat dan Banten sudah kembali normal sebelum pukul 00.00 WIB

"Nah laporan PLN telah lakukan pemulihan dari waktu ke waktu, Senin sore sudah mencapai 100% (listrik stabil)," ucapnya.

Pria yang menjabat sebagai Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM ini juga menambahkan, PLN juga telah mengoperasikan pembangkit sebagai tambahan energi agar pasokan listrik kembali normal. Hal tersebut juga sudah sesuai dengan bleid dalam Pasal 14 huruf F‎.

"Pasal 14 huruf f, aktifkan cadangan penyangga energi ini, PLN sudah aktifkan ini dengan tambah pasokan energi dari gas dan batubara," kata Djoko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini