nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala Bappenas: Jakarta Akan Jadi Pusat Bisnis

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 19:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 20 470 2094458 kepala-bappenas-jakarta-akan-jadi-pusat-bisnis-pMztcKmrPn.jpg Pemindahan Ibu Kota (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan pemindahan ibu kota akan dilakukan secara bertahap beberapa tahun ke depan.

Menurutnya, pemerintah akan menjadikan Jakarta sebagai pusat bisnis, sementara pusat pemerintahan atau ibu kota akan dibangun di Kalimantan.

 Baca juga: Di Depan Milenial, Kepala Bappenas: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Ringankan Beban Jakarta

"Pemerintah tetap akan memprioritaskan pengembangan Jakarta pasca pemindahan ibu kota. Dan kita telah membahas usulan dari DKI lebih dari Rp500 triliun untuk membenahi Jakarta dari segi transportasi, lingkungan, perumahan dan juga air bersih," ujar dia di Kantor Bappenas Jakarta, Selasa (20/8/2019).

 Bambang Brodjonegoro

Selain itu, lanjut dia, Jakarta akan terus dikelola secara optimal untuk memaksimalkan potensi bisnis. Sehingga nantinya Jakarta akan bisa bersaing dengan kota-kota besar Asean yakni, Bangkok, Thailand, Kuala Lumpur Malaysia dan Singapura.

 Baca juga: Tunggu Lampu Hijau, PTPP Tertarik Bangun Ibu Kota Baru

"Jadi Jakarta ini memang harus tetap dibuat menjadi for difabel city sehingga menarik menjadi kota bisnis," ungkap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini