nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menarik, Perang Dagang AS-China Memanas Bikin Modal Asing Masuk RI Kian Deras

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 17:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 26 20 2096826 menarik-perang-dagang-as-china-memanas-bikin-modal-asing-masuk-ri-kian-deras-vZnR4AKCqh.jpg Sri Mulyani Cerita Perang Dagang AS-China Memanas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perekonomian Indonesia semester I-2019 tumbuh sebesar 5,06% (yoy) di tengah perlemahan dan ketidakpastian ekonomi dunia. Kondisi global ini salah satunya dipengaruhi adanya tekanan perdagangan internasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perang dagang AS-China yang berkembang menjadi currency war menyebabkan sumber risiko global makin meluas dan meningkat.

"Namun penanaman modal di Indonesia dinilai masih cukup menarik bagi negara lain. Dan sebetulnya Indonesia cukup menarik. Capital flow justru mengalami kenaikan," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

 Baca Juga: Trump Minta Perusahaan AS Cabut dari China, Ini Penjelasan Menkeu Mnuchin

Menurut dia, pada semester I-2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh kuatnya konsumsi dan kebijakan countercyclical belanja pemerintah.

"Stabilitas ekonomi Indonesia tetap terjaga dengan laju inflasi pada Juli 2019 sebesar 3,32%, dengan nilai tukar Rupiah yang relatif stabil. Hal tersebut menjaga tingkat konsumsi masyarakat dan mendukung stabilitas ekonomi," tutur dia.

 Baca Juga: Geram, Trump: Siapa Musuh Terbesar AS, Powell atau Presiden Xi?

Sementara itu, lanjut dia, kebijakan dovish dari the Fed serta kebijakan pemberian stimulus ekonomi dari European Central Bank (ECB) telah membuka ruang untuk mengalirnya modal ke emerging market, termasuk Indonesia.

"Kondisi ini memberi dukungan untuk penguatan nilai Rupiah," pungkas dia.

 Perang Dagang AS-China

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini