nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerugian Terbakarnya Hutan Amazon Setara Tiga Lapangan Sepak Bola

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 26 Agustus 2019 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 26 320 2096848 kerugian-terbakarnya-hutan-amazon-setara-tiga-lapangan-sepak-bola-62O7JngE8q.jpg Kebakaran Hutan Amazon. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Kebakaran dahsyat yang terjadi di Hutan Amazon semakin meluas. Kebakaran hutan yang terjadi selama beberapa minggu terakhir tersebut disebabkan oleh ulah manusia.

Baca Juga: Brasil Kerahkan Pasukan Padamkan Kebakaran Hutan Amazon

Kebakaran yang terjadi setiap menitnya dapat menyebabkan kerugian yang setara dengan tiga lapangan sepak bola berdasarkan data dari satelit Brasil.

Hutan hujan terbesar di dunia ini telah kehilangan sekitar 519 mil persegi (1.345 kilometer persegi) pohon. Hal tersebut merupakan deforestasi terbanyak yang dialami hutan Amazon dalam kurun waktu satu bulan. Hilangnya sebagian besar area hutan tersebut diduga dapat mengakibatkan terjadinya efek perubahan iklim yang tidak dapat dipulihkan kembali.

Kebakaran Hutan Amazon

"Kami menghadapi risiko serius kehilangan sebagian besar hutan tropis Amazon," ujar, Ilmuwan Senior INPE Carlos Nobre, dikutip dari Business Insider, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Baca Juga: Kebakaran di Amazon Meningkat, Bolsonaro: Dunia Internasional Jangan Ikut Campur

Sementara itu, Ahli Ekologi Thomas Lovejoy meyakini, penyebab kebakaran hutan sebagian besar karena penggundulan hutan yang terjadi setelah Presiden Brasil Jair Bolsonaro, menyetujui pengembangan area hutan hujan yang belum tersentuh untuk kegiatan pertambangan, pertanian, serta pembalakan.

Hutan Amazon yang merupakan hutan yang disebut sebagai 'Paru-Paru Bumi' oleh World Wildlife Fund karena mencakup sekitar 6,7 juta kilometer persegi. Hutan Amazon dapat menyimpan 80 hingga 140 miliar metrik ton karbon melalui proses fotosintesis.

Kebakaran Hutan Amazon

Saat ini, 0,5 miliar metrik ton karbon dilepaskan ke atmosfer akibat deforestasi dan konversi lahan. Hal tersebut dapat mempercepat terjadinya dampak pemanasan global secara signifikan.

Robin Chazdon, seorang profesor University of Connecticut yang mempelajari ekologi hutan tropis, mengatakan bahwa dampak dari kerusakan hutan di Amazon tidak hanya dirasakan di areal hutan Amazon saja, tetapi juga yang lain.

"Mereka memengaruhi kita semua," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini