nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Promosikan Mobile App Agar Banyak Di-download

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 09:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 27 320 2097329 4-cara-promosikan-mobile-app-agar-banyak-di-download-b7CdGuhonF.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis dari Sosial Media (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak orang yang menciptakan sebuah Mobile App yang dapat membantu mempermudah kehidupan kita. Pengusaha Mobile App atau aplikasi yang ada di seluler kita mampu menarik pengguna sebanyak mungkin tergantung dengan fitur menarik apa yang ada di dalamnya.

Penelitian terbaru Statista memperkirakan, unduhan aplikasi seluler akan mencapai hampir 258 miliar pada tahun 2022. Dan akan mengalami peningkatan pengunduh mencapai 25% dari 2018 hingga 2022.

Baca Juga: Cara Jitu Kembangkan Bisnis di Instagram, Nomor 6 Paling Gampang

Namun, suatu aplikasi hanya berhasil ketika pelanggan mengunduhnya dan kemudian menggunakannya juga. Dengan begitu sebuah bisnis perlu memiliki strategi pemasaran yang konsisten untuk menjadikan produknya laku di pasaran.

Media Sosial

Untuk menerapkan strategi pemasaran yang sehat, mereka perlu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang target audiens mereka.

Berikut empat cara jitu mempromosikan Mobile App kamu di pasaran yang dilansir dari Entrepreneur, Kamis (29/8/2019).

1. Menentukan Key Performance Indicator (KPI) Khusus Aplikasimu

KPI Khusus diperlukan untuk setiap target pasar aplikasi yang kamu buat. Terlepas dari pendapatan dan kecepatan, ada banyak KPI penting yang harus dipenuhi. Ini membantu aplikasimu mendapatkan peringkat teratas di toko aplikasi melalui ASO, dan biaya per unduhan.

Baca Juga: Bosan Kerja Kantoran? Intip 8 Bisnis yang Dilakukan di Rumah!

2. Melakukan Kampanye Melalui Media

Strategi ini dilakukan untuk mempersingkat waktu untuk mempromosikan aplikasi yang kamu buat, hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran untuk sebuah promosi. Maka di perlukan sebuah promosi yang dilakukan di sebuah media yang biasanya tidak membutuhkan biaya tambahan atau biaya besar.

3. Memanfaatkan App Store Optimization (ASO)

Layanan App Store Optimization (ASO) mirip dengan SEO, di mana pemasaran ini bekerja untuk mengoptimalkan aplikasi mereka berdasarkan kata kunci, judul dan deskripsi. Kata kunci akan mempermudah pengguna mencari aplikasimu. Selain itu, ikon yang di tampilkan pada aplikasimu harus menarik dan memiliki peran penting pada aplikasimu untuk menarik target pasar agar mengunduh aplikasi tersebut.

Media Sosial

4. Promosi di Media Sosial

Media sosial adalah cara termudah untuk mempromosikan aplikasimu di era digital seperti saat ini. Dengan memposting aplikasimu ke media sosial akan mempercepat tersebarnya info tentang aplikasimu. Namun, mempromosikan sebuah aplikasi ke media sosial tidak lah gratis, ada biaya admin yang akan kamu keluarkan jika aplikasimu ingin di promosikan.

Hal ini sama seperti kamu mengendorse seorang influencer yang memiliki followers banyak di media sosialnya untuk mempromosikan aplikasimu dan kamu harus membayar dia sesuai tarif yang akan mereka berikan untuk sekali posting di laman sosmednya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini