nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Era Digital Maksimalkan Teknologi, Tenaga Kerja Masa Depan Seperti Apa?

Delia Citra, Jurnalis · Kamis 29 Agustus 2019 14:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 27 320 2097341 era-digital-maksimalkan-teknologi-tenaga-kerja-masa-depan-seperti-apa-g22yI25so0.jpg Ilustrasi Tenaga Kerja Masa Depan Seperti Apa. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Era digital memberikan banyak manfaat bagi manusia. Tapi di sisi lain mengancam tenaga kerja karena semua tergantikan dengan kemajuan teknologi.

Tenaga kerja di masa depan tidak akan membahas lagi seolah seberapa besar bakat yang dimiliki si pekerja. Bakat adalah hal terakhir dari topik yang paling sering didiskusikan oleh perusahaan nantinya.

Baca Juga: Cara Jitu Kembangkan Bisnis di Instagram, Nomor 6 Paling Gampang

Akan ada perubahan yang terjadi di tempat kerja, di mana eksekutif atau bos tidak akan terus menerus membahas masalah bakat. Pada era Industri 4.0, yang harus ditekankan adalah soal keterampilan.

Perusahaan akan melakukan segala yang mereka bisa untuk menciptakan tenaga kerja yang disiapkan untuk Industri 4.0. Dengan semua perubahan yang terjadi keterampilan yang dimiliki, para eksekutif mungkin memiliki pandangan yang tidak realistis dari apa yang diperlukan untuk benar-benar mempersiapkan tenaga kerja mereka untuk masa depan.

Industri 4.0

Industri 4.0 memperkenalkan teknologi lebih maju yang mampu mempengaruhi hampir setiap aspek operasi bisnis. Pekerja yang memahami cara memanfaatkan dan menerapkan teknologi ini sangat penting.

Baca Juga: Bosan Kerja Kantoran? Intip 8 Bisnis yang Dilakukan di Rumah!

Sebenarnya hal ini merupakan ketidakcocokan yang signifikan antara keahlian mereka saat ini dan yang dibutuhkan masa depan.

Tetapi, ada beberapa perusahaan sudah memiliki komposisi tenaga kerja yang pasti untuk masa depan. Mereka juga lebih percaya diri pada kemampuannya untuk memimpin perusahaan di dunia Industri 4.0.

Fokus pada pengembangan bakat ini akan lebih dari sekedar membedakan perusahaan dan hal itu tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat.

Untuk mendapatkan kejelasan tentang keterampilan ini dan mendukung pengembangan keterampilan, harus melalui pelatihan karyawan mereka sendiri dan menyiapkan program pelatihan eksternal seperti magang. Hal ini bisa menciptakan bisnis tersebut menjadi lebih cerah di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini