nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membangun Usaha Tak Melulu soal Modal, 6 Hal Ini Patut Diperhatikan

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2019 14:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 28 320 2097624 membangun-usaha-tak-melulu-soal-modal-6-hal-ini-patut-diperhatikan-eHH1NPM9tb.jpg Membangun Usaha Tak Melulu soal Modal (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Memulai suatu bisnis memang bukan suatu hal yang mudah. Selain karena minimnya pengalaman, hal yang seringkali menghambat adalah modal. Pertanyan ini mungkin sering berputar di kepala kamu ketika ingin memulai suatu bisnis, apa mungkin memulai bisnis tanpa modal ataupun pengalaman?

 Baca Juga: Cara Jitu Kembangkan Bisnis di Instagram, Nomor 6 Paling Gampang

Tips-tips berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaanmu. Melansir dari Entrepreneur, Jakarta, Jumat (30/8/2019), inilah beberapa tips untuk memulai bisnis tanpa modal dan pengalaman.

1. Pilih Ide Bisnis yang Cocok Untukmu

Banyak pegusaha yang gagal tanpa tahu alasan di balik kegagalan mereka. Menjalankan bisnis di bidang yang kamu sukai dapat memberikan pengaruh yang cukup besar dalam keberlangsungan bisnis kamu. Hindari bidang-bidang tertentu yang tidak kamu kuasai. Jika masih bingung apa memilih apa yang disukai, meluangkan waktu bisa jadi salah satu cara untuk lebih mengenali dirimu sendiri.

Baca Juga: Kunci Sukses Usaha Musiman, Nomor 4 Disukai Pelanggan

2. Temukan Apa yang Sedang 'Nge-Tren'

Jangan abaikan tren! Apa yang sedang ramai diperbincangkan orang-orang bisa jadi sebuah peluang untuk kamu. Lihatlah setiap masalah yang ada sebagai peluang, maka kamu akan mendapatkan hasil atas solusi yang kamu temukan.

3. Lakukan dengan Cepat

Ciptakanlah sesuatu yang cukup baik dengan cepat dan murah, tetapi orang mau membayar. Kebanyakan pengusaha berfokus untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa, tetapi tidak ada yang mau membelinya. Ingat, 'cukup baik' itu sempurna!

 Tips Usaha

4. Perhatikan Keinginan Konsumen

Kamu bisa belajar dari perusahan terkemuka seperti Apple yang bisa terus berevolsi dari masa ke masa dan mendominasi pasar ponsel pintar. Hal itu karena bisnis harus terus dikembangkan sesuai dengan perubahan yang ada.

5. Tentukan Harga yang Optimal

Hati-hati, salah menentukan harga bisa memengaruhi bisnismu. Setiap orang punya budgetnya masing-masing, jadi sesuaikan juga dengan target pasar yang akan dituju. Jika nanti binismu berjalan baik, mungkin kamu bisa mulai menentukan harga premium pada produk tertentu.

6. Atur Skala

Setelah bisnis kamu berjalan lancar, jangan terburu-buru menaikkan harga. Kebanyakan pengusaha langsung menaikkan harga begitu produknya laku di pasaran. Hal itu bisa berakibat fatal terhadap bisnismu karena target pasar dapat ikut berubah.

 Nilai Tukar Rupiah Masih Menguat 24 Poin di Level Rp14.052

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini