nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Contek Pertamina, PLN Bakal Franchise 'SPBU' Listrik

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 15:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 31 320 2099004 contek-pertamina-pln-bakal-franchise-spbu-listrik-9QjpyrtnnP.jpeg Menko Luhut Jajal Motor Listrik (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara(Persero) mendukung program kendaraan listrik yang saat ini tengah di gencarkan oleh pemerintah. Salah satu kontribusi nyatannya adalah dengan membangun Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU).

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten mengatakan, saat ini sudah ada 7.000 Stasiun Penyedian Listrik Umum (SPLU) yang sudah ia bangun. SPLU tersebut untuk menunjang kendaraan listrik. Terutama bus listrik yang akan beroperasi.

"7.000 SPLU itu, merupakan skema bisnis PLN yang akan dikembangkan seperti SPBU Pertamina, itu model franchise supaya masyarakat lebih mudah," ujarnya saat ditemui di Monas, Jakarta, Sabtu(31/8/2019).

Dia juga menargetkan SPLU nantinya ada di tempat-tempat publik. Seperti di parkiraan pusat perbelanjaan atau mal untuk lebih memudahkan masyarakat.

"Target kami semua fasilitas publik akan disediakan, terutama fast charging. Dan pada saat hari listirk Oktober kami sediakaan," ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah telah resmi mengeluarkan aturan tentang mobil listrik. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai untuk Transportasi Jalan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini