nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susuri Sungai Kapuas, Ini Gaya Jokowi Naik Kapal Patroli Tinjau Waterfront City Pontianak

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 10:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 470 2101346 susuri-sungai-kapuas-ini-gaya-jokowi-naik-kapal-patroli-tinjau-waterfront-city-pontianak-PkDdwZc52Z.jpg Jokowi Susuri Sungai Kapuas (Foto: Setkab)

JAKARTA - Gaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) terekam saat menaiki Kapal Patroli TNI AL Lemukutan milik Lantamal XII menyusuri Sungai Kapuas pada Kamis 5 September. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono serta Gubernur Kalbar, Sutarmidji

Jokowi naik Kapal Patroli untuk meninjau penataan kawasan tepi air (waterfront city) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

 Jokowi

Serasi dengan Menteri PUPR, Presiden memakai kemeja putih yang digulung di bagian lengan dan menjadi ciri khas Jokowi. Presiden duduk di tengah-tengah saat menaiki Kapal Patroli Lemukutan milik Lantamal XII untuk menyusuri Sungai Kapuas. Sementara Basuki memakai kacamata hitam.

"Dari hasil pengamatan saya langsung bersama rombongan tadi waterfroncity yang dibangun di Sungai Kapuas, paling bagus dan rapi," ujar Jokowi yang di kutip dari keterangan foto di Instagram resmi @Kemenpupr, Jumat (6/9/2019).

 Jokowi

Selain Kampung Beting, Pontianak, kawasan tepi sungai yang menjadi prioritas Kementerian PUPR untuk ditata adalah Kampung Sumber Jaya (Kota Bengkulu), Kampung Tegalsari (Kota Tegal), dan Kampung Tambak Lorok (Kota Semarang).

Penataan kawasan tepi sungai tidak hanya memperbaiki fisik infrastrukturnya, tapi juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungannya. Hal ini dimungkinkan karena perencanaan dilakukan bersama dengan Pemerintah Kota dan masyarakat.

Menurut Presiden, kunjungan itu dimaksudkan untuk meninjau perkembangan kawasan Waterfront City Sungai Kapuas yang tersambung dengan Sungai Landak, dan sudah 3 tahun ini dikerjakan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Pontianak.

“Tadi kita lihat hasilnya rumah yang dulunya membelakangi sungai sebagian sudah mulai menghadap ke sungai. Sehingga kita lihat semuanya rapi, mulai dihijaukan. Kita lihatlah nanti setahun dua tahun yang akan, langsung perbedaannya kelihatan. Kurang sedikit saja yang kita kerjakan,” kata Presiden Jokowi dikutip setkab.

 Jokowi

Presiden menjelaskan, ada 4 pemukiman di tepi sungai yang sedang dibangun pemerintah. Ia menunjuk contoh di Bengkulu, Tegal, Semarang, dan Pontianak. “Dari 4 kota ini yang paling bagus, paling panjang,” ujarnya.

Presiden Jokowi berharap maksimal tahun depan pembangunan Waterfront City itu bisa dirampungkan. Sekaligus dengan penataan wilayah di sekitarnya, sehingga nantinya kawasan Sungai Kapuas bisa jadi percontohan.

 Jokowi

Foto yang baru diunggah satu jam itu sudah berhasil mendapat likes sebanyak 1.253 dan dibanjiri komentar dari warga instagram.

Banyak dari Netizen yang memuji foto tersebut dan menuangkannya di kolom komentar, seperti komentar dari akun Instagram @warsi031294: Kesayangan masyarakat Indonesia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini