nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Seorang Wanita Menikah, 3 Hal Keuangan Ini Akan Berubah

Delia Citra, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 320 2104516 ketika-seorang-wanita-menikah-3-hal-keuangan-ini-akan-berubah-2HnexG2kda.jpg Wanita karier (Reuters)

JAKARTA - Pekerja perempuan memiliki otoritas yang kuat terhadap keuangannya sendiri. Gaji yang diperoleh bisa dialokasikan untuk kebutuhan gaya hidup. Tetapi, ketika sudah menikah dibutuhkan penyesuaian anggaran keuangan.

Perempuan juga harus tahu bagaimana cara mengatur keuangan mereka. Karena jika memiliki masalah mengenai finansial, biasanya hanya sedikit dari wanita yang siap mengalami peristiwa tersebut.

Mengatur keuangan pastinya itu sangat penting, karena wanita juga harus mempersiapkan untuk masa depan. Karena jika sudah menikah nanti, kamu pastinya nanti akan menghadapi situasi tidak terduga dengan urusan finansial.

 pasangan

Maka dari itu mengatur keuangan kamu sejak dini merupakan cara yang baik untuk masa depan finansial kamu. Berikut beberapa hal yang akan kamu dapatkan di masa depan nanti ngenai finansial dilansir dari usatoday.com, Jumat (13/9/2019).

1. Perhatikan Tarif Pajak

Tentunya tarif pajak penghasilan kamu akan berbeda dari sebelum dan sudah menikah. Biasanya, akana da perubahan potongan.

Di Amerika, biasanya pengurangan tarif standar USD12.000 sedangkan pasangan menikah pengurangan standar sebesar USD24.000. Perbedaan antara tarif pajak ini harus diperhatikan.

2. Perubahan alokasi keuangan

Jika sebelum menikah kamu bisa menggunakan gaji untuk jalan-jalan, hangout dan me time, situasi itu akan berubah ketika kamu sudah menikah nanti. Pastinya kamu dan pasangan memiliki tanggung jawab yang besar, apalagi jika sudah punya anak. Kebutuhan lainnya seperti membeli rumah dan membeli peralatan rumah.

Hal ini tentunya sebagian gaji yang kamu dapatkan akan berkurang untuk kebutuhan rumah tanggamu dan hal ini juga harus dipersiapkan dengan baik agar tidak terlalu boros dan sisa uangmu juga masih bisa kamu tabung untuk keperluan lainnya.

3. Jangan mengandalkan jaminan sosial

Sebisa mungkin kamu jangan terlalu mengandalkan asuransi atau jaminan sosial. Jika sebelumnya kamu bertanggung jawab kepada dirimu sendiri, ketika sudah menikah semuanya akan berubah.

Biaya tak terduga dan tabungan tetap harus dipersiapkan. Hal ini menjadi penting mengingat kamu sudah memiliki tanggung jawab lebih, terhadap suami, anak-anak, bahkan asisten rumah tangga atau supir. Kamu juga tidak hidup hanya dengan keluarga inti saja. Ketika menikah, kamu juga harus memperhatikan keluarga suami.

1
2

Berita Terkait

Tips mengelola keuangan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini