nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Demo di DPR, Rapat Pemindahan Ibu Kota Tetap Jalan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 17:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 25 470 2109265 ada-demo-di-dpr-rapat-pemindahan-ibu-kota-tetap-jalan-bNT29xwvqi.jpeg Rapat Kerja Pemindahan Ibu Kota (Foto: Okezone.com/Giri)

JAKARTA - Anggota Panitia Khusus (Pansus) Pemindahan Ibu Kota menggelar rapat kerja (Raker) tentang Ibu Kota Negara (IKN) dengan pemerintah di ruang komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Rapat ini tetap berlangsung meskipun kondisi di luar sedang berlangsung aksi yang dilakukan oleh para pelajar SMK atau STM yang menolak RUU KPK dan RUU KUHP.

Baca Juga: Ibu Kota Baru 'Diserang' Kabut Asap, Ini Kata Kepala Bappenas

Asal tahu saja, rapat dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Selain itu rapat juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang datang terlambat.

Infografis pemindahan ibu kota baru

Selain itu raker pada sore hari ini, Pansus juga mengundang para gubernur yang terkait dengan rencana ini. Ada dua Gubernur yang diundang dalam raker hari ini, pertama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Rapat sendiri dipimpin oleh Ketua Pansus IKN DPR RI Zainuddin Amali. Saat membuka rapat, Zainudin mengatakan keberadaan pansus bertujuan melakukan kajian pindah ibu kota.

"Di samping instansi pusat kita juga hadirkan instansi tingkat daerah. Tapi kita batasi hanya undang Gubernur DKI Jakarta tempat ibu kota sekarang yang rencananya akan kita tinggalkan dan Gubernur Kaltim sebagai lokasi yang akan ditempati nanti," jelasnya.

Baca Juga: Lokasi Ibu Kota Baru Rawan Kebakaran Hutan? Ini Kata Bappenas

Zainuddin menjelaskan dalam rapat hari ini akan ada tiga poin yang dibahas. Pertama adalah terkait pembiayaan infrastruktur, lokasi dan lingkungan dan terakhir adalah aparatur dan organisasi.

"Untuk sore hari ini kita bicara dalam 2 topik yakni pembiayaan dan infrastruktur serta lokasi dan lingkungan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini