nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Matangkan Konsep Blue Bond, Ditargetkan Terbit Tahun Depan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 17:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 08 20 2114368 pemerintah-matangkan-konsep-blue-bond-ditargetkan-terbit-tahun-depan-cIKl8JEAp0.jpg Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berencana menerbitkan surat utang berwawasan kelautan atau blue bond. Penerbitan obligasi yang sudah dikaji sejak akhir tahun 2018 itu, ditargetkan bisa terbit di tahun 2020.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, pemerintah tengah mematangkan konsep dari penerbitan blue bond itu. Utamanya tentang program-program yang bakal mendapatkan dana dari penerbitan blue bond.

Baca Juga: Utang Luar Negeri Indonesia Kian Membengkak, Tembus Rp5.534 Triliun per Juli

"Mudah-mudahan tahun depan bisa (diterbitkan), tapi programnya benar-benar harus dipersiapkan," ungkapnya di temui usai acara SDGs Annual Conference 2019 terkait Laut Berkelanjutan di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dia menjelaskan, seperti surat utang berwawasan lingkungan atau Green Bond, tujuan penerbitan Blue Bond guna mencapai pembangunan kelautan Indonesia yang berkelanjutan. Salah satu dari 17 tujuan dalam pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) hingga 2030.

 Bambang Brodjonegoro dalam Seminar Nasional

Sekedar diketahui, dalam roadmap SDGs Indonesia, tujuan ke-14 merupakan melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, samudra dan maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Program dan target yang jelas, lanjut Bambang, memang diperlukan untuk meyakinkan investor yang berminat untuk menaruh dananya di Blue Bond. Lantaran, investor bakal melihat keseriusan pemerintah dalam penggunaan dana tersebut melalui kejelasan program di lingkungan kelautan.

Bambang Brodjonegoro Hadiri 3rd Astra Green Energy Summit 2018

"Berbeda dengan goverment bond biasanya yang diterbitkan untuk tutup defisit APBN. Kalau ini harus spesifik programnya dan jelas targetnya," katanya.

Mantan Menteri Keuangan itu menjelaskan, penerbitan Blue Bond ini akan dilakukan pemerintah. Di mana Bappenas mengambil peran dalam menyiapkan konsep program yang akan didanai Blue Bond.

"Tentu ini akan bekerjasama dengan kementerian-kementerian lainnya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini