nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dibutuhkan Kabinet Menteri Jokowi-Ma'ruf yang Bawa Ekonomi Tumbuh 7%

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 13:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 20 20 2119297 dibutuhkan-kabinet-menteri-jokowi-ma-ruf-yang-bawa-ekonomi-tumbuh-7-kupHfFnChG.jpeg Menteri-Menteri Bidang Ekonomi Kabinet Kerja Jilid I (Foto: Okezone.com/Dok. Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Pengamat menilai posisi menteri kabinet kerja bidang ekonomi di pemerintahan baru, harus diisi oleh sosok yang mampu membuat terobosan dan mengeksekusi program dengan baik. Hal ini guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih kencang.

"Menteri perekonomian yang kita butuhkan adalah yang mampu membawa perekonomian tumbuh tidak hanya di 5% tapi lebih dari 7%," ungkap Direktur Riset Centre of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah kepada Okezone, Minggu (20/10/2019).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sejak kuartal I-2017 hingga kuartal II-2019 tren pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berada dikisaran 5%. Sepanjang tahun ini, untuk kuartal I-2019 ekonomi tumbuh 5,07% kemudian di kuartal II-2019 turun ke 5,05%.

Dibutuhkan Kabinet Menteri Jokowi-Ma'ruf yang Bawa Ekonomi Tumbuh 7%

Oleh sebab itu, lanjut Piter, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, menteri di bidang ekonomi harus mampu membuat terobosan dalam kebijakannya. Kemampuan untuk mengeksekusi program dengan baik juga sangat diperlukan.

"Sosok itu harus yang mampu dan berani melakukan terobosan. Punya strategi dan program yang bisa diimplementasikan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah perlambatan ekonomi global," ungkapnya.

Baca Juga: Harapan Buruh di Pemerintahan Baru Jokowi-Ma'ruf: Perbaikan Upah

Sementara, Managing Director Lembaga Management FEB Universitas Indonesia Toto Pranoto menyatakan, kabinet kerja harus diisi oleh tokoh-tokoh yang teruji dibidangnya. Lantaran, Indonesia akan menghadapi lingkungan ekonomi yang bergerak sangat dinamis, namun sayangnya sumber daya yang dimiliki terbatas.

"Perlu mempertimbangkan kandidat menteri di portfolio ekonomi dengan latar belakang keahlian yang kredibel. Disini perlu di bentuk zaken kabinet atau kabinet ahli dengan figur yang memang sudah teruji," ungkap Toto.

Dibutuhkan Kabinet Menteri Jokowi-Ma'ruf yang Bawa Ekonomi Tumbuh 7%

Pemerintah dinilai masih perlu melakukan penguatan di sektor riil, harmonisasi kebijakan fiskal dan moneter, memprcepat sektor kreatif dan digital, hingga penguatan diplomasi ekonomi luar negeri. Sehingga diperlukan sosok yang profesinal untuk menjalankan semua itu.

"Sehingga ini perlu ditangani dengan profesional. Kompetensi figur yang dipilih harus tepat, disamping memiliki kemampuan memimpin dan mengeksekusi yang kuat," katanya.

Sekedar diketahui, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan melasanakan pelantikan pada hari ini, Minggu (20/10/2019). Pelantikan diagendakan berlangsung pukul 14.00 WIB dalam Sidang Paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Punya Posisi Penting, Ini Kriteria Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini