nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

King Kobia, Budidaya Komoditas Ikan Baru

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 07:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 07 320 2127083 king-kobia-budidaya-komoditas-ikan-baru-JiZwx0QgJo.jpg Ikan King Kobia (Dok KKP)

JAKARTA - Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPL) Lampung dan stakeholder diapresiasi oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Hal ini terkait Keberhasilan memproduksi King Cobia.

“Saya menyampaikan selamat dan sangat bangga atas keberhasilan pengembangan komoditas king cobia,” ucap Edhy dalam konferensi pers, Jakarta.

Pamor king kobia akhir-akhir ini makin naik. Budidaya di BBPBL Lampung terus berkembang karena pemeliharaan induk, pemijahan induk, pemeliharaan larva, produksi benah, dan serta kegiatan produksi ukuran konsumsi di Keramba Jaring Apung (KJA).

 King Kobia

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Sobejkato mengungkapkan, king kobia menjadi bibit unggul dalam budidaya perikanan. Jenis ikan ini memiliki pertumbuhan cepat sebesar 4-6 kg setahun. King kobia juga mudah menyesuaikan dengan lingkungan, dipijah, dan dibesarkan. Budidayanya relatif singkat hanya untuk berat ikan 3 kg dalam 9 bulan.

King kobia mengandung EPA, DHA, dan asam lemak omega 3. Dagingnya berwarna putih dan sempurna. Penjualan king kobia masih terbuka lebar, seperti Hong Kong, Taiwan, Jepang, Australia, dan Eropa.

“Indonesia telah berhasil membudidayakan king kobia, ini harus menjadi peluang untuk ekspor,” ungkap Slamet. Selain menambahkan devisa ekspor, dengan adanya pengembangan king kobia dapat mengurangi eskploitasi alam.

Budidaya king kobia akan dilakukan secara baik dan tersertifikasi dengan menggunakan kaidah Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) serta Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) berstandar Internasional.

Keberlangsungan budidaya king cobia juga diharapkan selain memiliki aspek mutu, food safety, dan social responsibility.

Baca Juga: King Cobia Komoditas Baru Budidaya Ikan Indonesia, Intip Peluang Ekspornya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini