nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Ibu Kota Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta?

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 16 November 2019 05:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 470 2130395 setelah-ibu-kota-pindah-bagaimana-nasib-jakarta-hchdf7xgbJ.jpg Ilustrasi Perkotaan (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

 JAKARTA – Pemerintah sudah menetapkan pemindahan ibu kota yang akan terletak di Kalimantan Timur. Rencananya, pembangunan wilayah administratif akan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan begitu, maka DKI Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota.

DKI Jakarta sudah menjadi ibu kota Indonesia selama puluhan tahun. Banyak perusahaan yang berlokasi di sini, sehingga kota ini bisa disebut sebagai pusat ekonomi. Lalu, bagaimana kelanjutan pembangunan infrastruktur di kota ini nantinya?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pemerintah akan tetap melakukan pembangunan infrastruktur.

"Tidak ada masukan khusus. Kita mengapresiasi saja Presiden dan pemerintah pusat itu akan terus melaksanakan rencana pembangunan yang disepakati di Jakarta," katanya saat melakukan pertemuan dengan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, di Kementerian PPN/Bappenas.

anies

Ia mengatakan, masalah-masalah yang terjadi di Jakarta akan tetap diselesaikan oleh Pemprov dan pemerintah pusat.

Anies meminta kepastian kepada pemerintah pusat mengenai peraturan peran perekonomian di Jakarta. Hal ini mengingat bahwa Jakarta akan menjadi pusat perekonomian pasca pindahnya ibu kota ke Kaltim.

Baca selengkapnya: Ibu Kota Pindah, Gubernur Anies Minta Jakarta Difasilitasi Jadi Pusat Bisnis

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini