nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Roadmap Digital Nation di APBN, Seperti Apa?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 16:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 20 20 2132297 roadmap-digital-nation-di-apbn-seperti-apa-2rgSnnN6Km.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/Puspen Kemendagri)

JAKARTA - Para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju (KIB) masih dalam tahap adaptasi dalam mencapai misi yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Salah satunya antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate.

Sebenarnya mereka berdua bukan pertama kalinya kerja bersama. Sebelumya Sri Mulyani dan Johnny pernah menjadi partner kerja, ketika Menkominfo menjadi anggota di Komisi XI DPR (2014-2019).

Baca Juga: Anggaran Lem Aibon Rp82,8 Miliar, Sri Mulyani Koordinasi dengan Kemendagri

Lalu bagaimana ketika keduanya kini kerja bersama? Tahap awal yang dibahas mengenai {Roadmap} Digital Nation.

Menurut Sri Mulyani, untuk dapat menghubungkan seluruh pelosok Indonesia dalam jaringan komunikasi Internet, diperlukan berbagai macam pembangunan infrastruktur yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo. Pembangunan itu nantinya akan terasa manfaatnya antara lain bagi sekolah, puskesmas dan kantor desa/kecamatan. Pembangunan itu termasuk pemerataan dan kecepatan akses internet di pelosok negeri.

Sri Mulyani

Tentunya semua itu membutuhkan pembiayaan yang tertuang dalam APBN. "Pemerintah melalui APBN akan senantiasa berusaha memberikan hak dan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan akses dan fasilitas pada teknologi informasi (TI)," ujar Sri Mulyani, dalam postingannya di akun Facebook miliknya, seperti dikutip Rabu (20/11/2019).

Baca Juga: Anies: Gak Mungkin Beli Lem Aibon Rp82 Miliar!

Berikut ini selengkapnya, ungkapan mantan Direktur Pelaksana World Bank.

Hari ini saya bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate. Senang sekali dapat menerima kunjungan Menkominfo yang sebelumnya adalah mitra kerja saya di Komisi XI DPR RI. Kami membahas mengenai Roadmap Digital Nation untuk Indonesia.

Untuk dapat menghubungkan seluruh pelosok Indonesia dalam jaringan komunikasi Internet, diperlukan berbagai macam pembangunan infrastruktur yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo. Infratsruktur tersebut antara lain adalah pembangunan jaringan serat optik, pembuatan BTS untuk jaringan telekomunikasi seluler di daerah blankspot, penyediaan wifi di tempat umum (sekolah, puskesmas, kantor desa/kecamatan) serta penyediaan satelit untuk menambah kecepatan akses Internet.

Negara Indonesia yang sangat luas dan berbentuk kepulauan memberikan tantangan tersendiri bagi tersedianya akses internet yang sama bagi seluruh masyarakat.

Terlepas dari kendala geografis dan tantangan lainnya, pemerintah melalui APBN akan senantiasa berusaha memberikan hak dan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan akses dan fasilitas pada teknologi informasi (TI).

Jakarta, 19 November 2019

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini