Presiden Jokowi Curhat soal Masalah Neraca Dagang Tak Pernah Beres

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 20 20 2132427 presiden-jokowi-curhat-soal-masalah-neraca-dagang-tak-pernah-beres-IFWJTNUeDN.jpg Jokowi (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali mengeluhkan masalah neraca perdagangan yang masih saja mengalami defisit. Ini untuk ke sekian kalinya, Jokowi mengeluhkan masalah Defisit Neraca Perdagangan.

Menurut Jokowi, dirinya heran mengapa persoalan ini tak juga bisa terselesaikan. Bahkan, sejak beberapa tahun yang lalu, Indonesia selalu mengalami masalah yang sama yakin neraca perdagangan yang masih defisit.

Baca juga: Neraca Dagang Surplus, BI: Ketahanan Perekonomian Indonesia Makin Kuat

Selain defisit neraca perdagangan, Jokowi juga mengeluhkan masalah defisit transaksi berjalan (Current Account Defisit/CAD) yang juga belum terselesaikan. Oleh karena itu, dirinya berkeinginan kuat untuk memutus tren negatif tersebut.

 Jokowi

"Ini yang berkaitan dengan CAD yang sudah berpuluh-puluh tahun tidak bisa kita selesaikan," ujarnya dalam acara Indonesia Mining Award di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Impor Turun Tajam, Neraca Perdagangan Oktober Surplus USD161,3 Juta

Memang menurut Jokowi, saat ini pertambangan masih menjadi sektor yang berkontribusi besar. Hanya saja Jokowi menekankan untuk menyelesaikan permasalahan ini tidak bisa Hana bergantung pada sektor pertambangan.

Karena menurutnya, sektor pertambangan rawan goyang dengan kondisi global. Apalagi harga acuannya juga tergantung pada kondisi perekonomian global.

Jika sedang tidak pasti maka ada kemungkinan harga jual batu bara bisa turun. Jika harga turun maka neraca perdagangan Indonesia akan terganggu dan bisa berpengaruh pada ekonomi secara keseluruhan.

"Meski saya tahu ekspor pertambangan memberi kontribusi besar pada neraca perdagangan kita tetapi menjadikan kita ketergantungan pada ekspor dari dunia pertambangan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini