nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diajak Hemat Energi, Netizen Salfok Minta Tips agar Tagihan Listrik Turun

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Sabtu 23 November 2019 12:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 23 320 2133519 diajak-hemat-energi-netizen-salfok-minta-tips-agar-tagihan-listrik-turun-SgxHycSqiF.jpg Listrik (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTAMenghemat energi tampaknya masih belum bisa diterapkan di Indonesia secara efektif. Pasalnya berdasarkan keterangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), jutaan orang di Indonesia tidak menyadari jika telah membuang-buang energi.

Kegiatan manusia seperti menyalakan lampu saat siang hari, tidak mematikan air saat bak mandi sudah penuh, atau tidak melepas charger gawai merupakan contoh-contoh pemborosan energi yang masih terjadi di Indonesia.

Baca juga: Tarif Listrik Golongan 900 Va Dipastikan Naik pada 2020

Padahal dalam gerakan Earth Hour yang dilkaukan di seluruh Jawa – Bali dapat menghemat hingga Rp550 miliar. Hal ini diungkapkan oleh Kementerian ESDM lewat akun resmi Instagramnya.

“Jutaan orang tidak menyadari bahwa menghemat energi bisa berbagi manfaat bagi orang sekitar,” tulis Kementerian ESDM @kesdm, Sabtu (23/11/2019).

esdm

Kementerian ESDM juga mengungkapkan pemberian sambung listrik gratis tiap satu rumah dibutuhkan Rp750.000. Oleh karenanya penghematan energi akan menyambungkan listrik bagi lebih dari 700 ribu rumah yang tidak mampu.

Tidak lupa Kementerian ESDM juga mengajak masyarakat untuk menghemat energi sehingga warga Indonesia yang belum menikmati akses listrik dapat merasakannya.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Steker Listrik, Cabut Kalau Sudah Tidak Terpakai

“Sobat Energi mau mencobanya? Bisa dilakukan di rumah masing-masing kok. Ada penghematan lain yang Sobat lakukan?,” tutup Kementerian ESDM.

Postingan ini telah disukai oleh 1.225 akun dan dikomentari sebanyak 38 komentar. Berikut komentarnya:

“Sadarkan saya lagi pliiiisss,” tulis kh**r***kt*v**.

“Mau Tips hemat energi dong Min. Biar tagihan listrik tetap terjaga, bahkan bisa berkurang.. hehehe..,” komen akun b*ndb*nd**b*l.

“Keren sekali 🙌🙌🙌 adminnya kreatifff,” tulis tr**r*j*k*.

“@kesdm jutaan orang tidak menyadari, bahwa akses energi tidak hanya soal penerangan semata, melainkan juga energi berkualitas yang mendorong pembangunan dan peningkatan ekonomi 📊 #BeyondConnections @iesr.id,” komen mc*tr*n*ngr*m.

“Matikan lampu pas mau tidur, Hehe,” tulis akun *_m*l20.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini