nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahun 2020 Banyak Liburnya, Persiapkan Rencana Traveling dari Sekarang Yuk!

Rabu 27 November 2019 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 26 11 2134830 tahun-2020-banyak-liburnya-persiapkan-rencana-traveling-dari-sekarang-yuk-M2D2gIv6MI.jpg foto: ist

KABAR bahagia untuk para pegawai baik negeri maupun swasta karena pemerintah sudah menetapkan tanggal merah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama untuk tahun 2020 nanti. Pemerintah mengatakan bahwa, penetapan jadwal tanggal merah Hari Libur Nasional dan Cuti bersama ini ditetapkan melalui sejumlah pertimbangan, termasuk efisiensi dan efektivitas hari kerja. Dengan demikian dapat menjadi pedoman bagi instansi Pemerintah dan Swasta.

Mengutip situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, ada pun Libur Nasional dan Cuti Bersama yang disepakati di tahun 2020 antara lain:

1 Januari, Tahun Baru 2020 Masehi

25 Januari, Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili.

22 Maret, Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.25 Maret, Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942.

10 April, Wafat Isa Al Masih.

1 Mei, Hari Buruh Internasional.

7 Mei, Hari Raya Waisak 2564.

21 Mei, Kenaikan Isa Al Masih.

24-25 Mei, Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

1 Juni, Hari Lahir Pancasila.

31 Juli, Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

17 Agustus, Hari Kemerdekaan RI.

20 Agustus, Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.

29 Oktober, Maulid Nabi Muhammad SAW.

25 Desember, Hari Raya Natal.

Sementara untuk Cuti Bersama jadwalnya sebagai berikut:

Tanggal 22, 26 dan 27 Mei (Hari Jumat, Selasa dan Rabu), Cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri.

Tanggal 24 Desember (Hari Kamis), Cuti Bersama untuk Hari Raya Natal.

Tanggal Bagus Buat Dipakai Traveling

Bila melihat tanggal di atas, warga Indonesia patut bahagia karena lumayan banyak Harpitnas atau Hari Kejepit Nasional yang bisa dipakai untuk traveling ke luar negeri maupun dalam negeri. Berikut beberapa rekomendasi tanggal bagus yang bisa kamu pakai traveling sepanjang tahun 2020.

1. April 2020

Tanggal merah pada bulan April ini terjadi pada hari Jumat, tanggal 10 yang ditetapkan sebagai Hari Wafatnya Isa Al Masih. Bila mengambil cuti 2 hari pada tanggal 9 dan 13 April, kamu bisa mendapat 5 hari libur. Lumayan bukan?

Pada bulan ini, bagus sekali untuk menikmati indahnya pantai di Indonesia karena sudah memasuki musim panas. Dijamin sunset & sunrise pada bulan ini akan sangat indah. Namun, bila Anda ingin menikmati liburan di luar negeri, Jepang adalah pilihan yang bagus pada bulan April, karena bunga Sakura sedang tumbuh dengan subur pada bulan April dan Mei.

2. Mei 2020

Bulan April belum memungkinkan traveling karena kepentok bujet? Tenang, karena banyak sekali tanggal merah di bulan Mei. Memasuki bulan Mei, hampir setiap minggunya ada tanggal merah, contoh tanggal 1 Mei yang diketahui sebagai Hari Buruh Nasional dan jatuh pada hari Jumat. Sama seperti bulan April, bila mengambil cuti 2 hari pada tanggal 30 April dan 4 Mei, Anda bisa mendapat 5 hari libur.

Namun perlu diingat bahwa pada bulan ini, umat Muslim juga akan merayakan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 24-25 Mei 2020. Lalu ditambah lagi jadwal cuti bersama mulai dari tanggal 22-27 Mei 2020. Jadi, sesuaikanlah kebutuhan liburan, agar tidak mengganggu waktu berkualitas bersama keluarga di Hari Lebaran nanti.

3. Juni 2020

Selanjutnya pada bulan Juni ada Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Senin 1 Juni 2020. Kalau ingin menikmati liburan singkat di Jogjakarta, bulan ini adalah waktu yang tepat. Anda bisa mengambil penerbangan pada Jumat malam 29 Mei, kemudian ditambah dengan libur akhir pekan 30-31 Mei, lalu bisa istirahat pada tanggal 1 Juni sebelum melanjutkan kerja. Mengasyikkan bukan?

4. Juli 2020

Tanggal merah pada bulan Juli yang jatuh pada hari Jumat, 31 Juli ini sangat cocok untuk Anda rehat sejenak pergi staycation ke daerah Bandung atau mencari pantai sekitaran Sukabumi dan Anyer. Lebih baik jangan merencanakan traveling dengan durasi yang lama pada bulan ini, karena pada bulan Agustus nanti akan ada tanggal yang merah cocok dipakai untuk liburan panjang.

5. Agustus 2020

Nah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pada bulan Agustus adalah momen yang pas buat para pecinta traveling untuk pergi liburan lebih lama, karena hanya dengan menggunakan cuti 3 hari saja, Anda bisa menikmati liburan selama 8 hari 7 malam.

Hari kemerdekaan Indonesia dan tahun baru Hijriyah yang jatuh pada hari Senin dan kamis, 17 Agustus dan 20 Agustus, bisa Anda manfaatkan dengan baik. Misalnya untuk berlibur ke Thailand dan mampir ke pulau Phuket.

Pilih pesawat dengan jadwal keberangkatan pada Jumat malam tanggal 14 Agustus, Anda cukup mengajukkan cuti 3 hari pada tanggal 18, 19 dan 21 Agustus, lalu bisa menikmati liburan panjang menikmati budaya Thailand ditambah eksotisnya pulau Phuket yang sedang indah-indahnya ketika musim panas. Tambahan, bila lama di Thailand, coba saja buka Jastip, hitung-hitung bisa mengembalikan modal membeli tiket pesawat.

6. Desember 2020

Untuk umat Kristen, merayakan natal di kampung halaman bisa jadi pilihan yang baik ketika liburan natal yang akan jatuh pada 24-25 Desember nanti. Cukup mengambil cuti 2 hari pada tanggal 26 dan 27, lalu bisa menikmati liburan panjang 6 hari bersama keluarga.

Nah, sekarang sudah tahukan kapan waktu yang tepat untuk traveling di 2020 nanti. Mumpung masih lama, sekarang saatnya berburu tiket promo. Apalagi di Harbolnas 12.12 nanti banyak promo yang ditawarkan.

Contohnya Kredivo yang akan mengadakan promo kredit online yang bertema SALEamatan. Nikmati diskon cicilan hingga Rp2,1 juta di travel merchant yaitu Pegipegi & Tiket.com. Bersama Kredivo, traveling di 2020 jadi lebih hemat, bukan?

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini