nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Pensiunan Jadi Pejabat BUMN, Begini Sikap Erick Thohir

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 04 320 2137977 banyak-pensiunan-jadi-pejabat-bumn-begini-sikap-erick-thohir-lhr5DRV5ER.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin mengikuti visi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di mana, Kepala negara ingin menciptakan lapangan kerja sebesar-besarnya.

Akan tetapi, lanjutnya, di BUMN sendiri dinilai terlalu banyak anak usaha. Apalagi, anak usaha tersebut diisi oleh oknum hingga pensiunan.

 Baca juga: Menkeu hingga DPR Bingung soal PT PANN, Erick Thohir Beri Penjelasan

"Mohon maaf saya bukan anti orang tua, saya apresiasi, tapi kalau semua diisi oleh pensiunan, sedangkan 58% penduduk Indonesia muda berarti kan tak buka lapangan kerja," ujarnya, Jakarta, Senin (4/12/2019).

 Erick Thohir

Sebelumnya, Erick mengungkapkan akan menerbitkan Peraturan Menteri BUMN yang intinya memperketat pembentukan anak dan cucu BUMN. Hal ini ia sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI.

 Baca juga: Menkeu hingga DPR Bingung soal PT PANN, Erick Thohir Beri Penjelasan

"Karena, saya tidak ingin BUMN yang sehat malah terbebani oleh anak perusahaan. Saya tidak bicara direksi tapi oknum yang sengaja gerogoti dari pada perusahaan yang sehat-sehat itu," ungkap dia.

Dia pun mencontohkan BUMN dengan anak usaha yang banyak justru terlilit utang hingga triliun Rupiah. Seperti masalah utang yang melilit Krakatau Steel.

 Baca juga: Erick Thohir ke Direksi: Kalau Tidak Loyal Silakan Pergi dari BUMN

"Krakatau Steel ini mempunyai anak perusahaan yang berjumlah 60. Jadi, apabila bapak ibu tanya saya, bisa tidak mereview Krakatau Steel dalam waktu seminggu. Saya angkat tangan, karena jumlahnya 60," ujar dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini