Viral Video Ari Akhsara Sesumbar Takkan Mundur dari Kursi Dirut Garuda Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 08 320 2139427 viral-video-ari-akhsara-sesumbar-takkan-mundur-dari-kursi-dirut-garuda-indonesia-6rAKYtrVuo.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberhentikan empat direksi PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. Bukan tanpa alasan, pemecatan empat direksi termasuk direktur utama Garuda adalah buntut dari penyelundupan onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang diangkut oleh pesawat Garuda Indonesia.

Dalam kasus ini, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Tbk) I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara jadi sorotan utama. Dia diduga sebagai pemesan Harley Davidson yang ada dalam pesawat A330-900 milik Garuda Indonesia.

Hebohnya kasus ini menjadi pukulan telak bagi BUMN dan khususnya Dirut Garuda Indonesia. Sebab, kejadian ini sangat memalukan dan pengkhianatan oleh pejabat BUMN. Dari kejadian ini, negara dirugikan sekira Rp1,5 miliar.

Tercatat, harga Harley Davidson yang jadi 'tamu' istimewa Garuda Indonesia berkisar Rp800 juta. Sedangkan harga sepeda Brompton Rp52 juta.

Menurut Erick nantinya proses pemberhentian ini akan dilakukan lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Mengingat, Garuda Indonesia merupakan perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

"Dengan ini, (saya) akan memberhentikan Direktur Utama Garuda dan tentu proses dari ini akan ada prosedurnya lagi," ujarnya belum lama ini.

Sebelum dilakukan pemecatan, beredar video di media sosial Twitter yang menayangkan rekaman video Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Dalam video tersebut, Ari menyatakan tidak akan mengundurkan diri sebagai Dirut Garuda.

Video ini viral di media sosial twitter dan diunggah oleh akun @kurawa. Ari Askhara berbicara sebagai pembicara dalam suatu acara yang bertuliskan Sharing Session Manajemen - Serikat Pekerja GA.

Dalam video itu, Ari Askhara mengaku mendengar gosip dirinya akan mengundurkan diri pada 15 Desember.

"Saya mendapatkan gosip katanya saya mengundurkan diri tanggal 15 Desember, saya nyatakan di sini kalau saya enggak akan mundur," ujar Ari Askhara dalam video tersebut.

Sebelum menyatakan tak akan mundur, Ari sempat menyampaikan beberapa hal kepada para peserta acara itu. Salah satunya adalah dia meminta untuk dikritik.

"Kita lebih banyak bertanggung jawab, kritik saya sebanyak-banyaknya," kata Ari.

Hingga berita ini diturunkan, Garuda Indonesia belum menjawab konfirmasi Okezone mengenai informasi tersebut.

(Baca Juga: Erick Thohir Bersih-Bersih Garuda di Akhir Pekan, 4 Direksi Dipecat)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini