Stok AS Meroket, Harga Minyak Anjlok

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 320 2140948 stok-as-meroket-harga-minyak-anjlok-ewtNyXLDP3.jpg Kilang Minyak (Reuters)

JAKARTA - Harga minyak turun pada akhir perdagangan 11 Desember setelah data industri menunjukkan peningkatan tak terduga persediaan minyak mentah AS. Di sisi lain, investor menunggu kelanjutan pengenaan tarif oleh Washington pada barang-barang China.

Brent berjangka turun 34 sen menjadi USD64 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate tergelincir 21 sen menjadi USD59,03 per barel.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Turun Tertekan Data Ekspor China yang Lesu

Data dari kelompok industri American Petroleum Institute menunjukkan, stok minyak mentah AS mencatat kenaikan mengejutkan dalam minggu terakhir sementara persediaan bensin dan sulingan juga naik.

Persediaan minyak mentah naik 1,4 juta barel dalam sepekan ke 6 Desember menjadi 447 juta. Analis mengharapkan penurunan 2,8 juta barel. Data pemerintah dari laporan mingguan Administrasi Informasi Energi AS (EIA) akan dirilis hari ini.

Kilang Minyak

Ketegangan perdagangan AS dan Cina terus mengaburkan prospek permintaan, dengan batas waktu 15 Desember untuk putaran berikutnya tarif AS untuk impor Tiongkok yang semakin dekat.

Di tempat lain, produksi minyak mentah Venezuela pada November melonjak lebih dari 20% dari Oktober ke level tertinggi sejak AS memperketat sanksi terhadap perusahaan minyak negara PDVSA pada Agustus, dua orang dengan pengetahuan data PDVSA mengatakan pekan ini.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini