nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Ekspor Meningkat Neraca Perdagangan Bisa Surplus

Irene, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 06:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 320 2141169 jokowi-ekspor-meningkat-neraca-perdagangan-bisa-surplus-W9Ufw6tkkZ.jpg Jokowi Lepas Ekspor Mobil. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Jokowi melepas ekspor 120 unit Isuzu Traga yang menggunakan 53,5% Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ke Filipina. Kegiatan ini dilakukan di pabrik PT Isuzu Astra Motor Indonesia, di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar) hari ini.

Presiden mengutarakan harapannya pada Izuzu Traga akan bisa masuk ke-20 negara, baik Afrika, Asia Timur, maupun ke negara-negara Timur Tengah dalam tiga tahun.

“Ini yang diharapkan oleh pemerintah oleh negara ini. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik, yang pada ujungnya kita berharap current account, defisit kita semakin mengecil dan semakin nantinya neraca perdagangan kita juga bisa surplus,” kata Presiden.

Sedangkan ekspor yang dimulai dengan 300.000 unit mobil dalam setahun ini ditantang Jokowi untuk meningkatkan produksinya menjadi 1 juta unit tahun 2024. Terkait hal ini Presiden juga meyakinkan pengusaha industri otomotif untuk dapat merealisasikan tantangan tersebut.

“Kita sering tidak percaya diri, sering pesimis. Itu karena apa? Ya karena kerja enggak pernah memakai target-target yang terukur, yang realistis. Insya Allah ini akan bisa terwujud,” ujar Kepala Negara.

Baca Selengkapnya: Ekspor Mobil, Jokowi: Neraca Dagang Bisa Surplus

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini