nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kentang Sangkuriang Agrihorti, Apa Itu?

Irene, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 22:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 05 320 2149560 kentang-sangkuriang-agrihorti-apa-itu-eQjsnpS1mm.jpeg Foto: Dokumentasi Kementerian Pertanian

JAKARTA - Kementerian Pertanian memperkenalkan vareitas unggul baru tanaman kentang. Varietas ini merupakan inovasi Balitbang dari Kementerian Pertanian.

"Mengawali 2020, Mintani mau memperkenalkan kentang varietas unggul baru inovasi Balitbangtan. Sangkuriang Agrihorti," tulis Kementerian Pertanian dalam akun media sosial Instagram @kementerianpertanian, seperti dikutip Okezone, Minggu (5/1/2020)

Kementerian Pertanian juga membagikan infografis berkaitan dengan Sangkuriang Agrihorti yang adalah kentang varietas unggul baru. Kentang jenis ini merupakan hasil persilangan varietas Atlantik dengan Katahdin.

"Penggunaan VUB kentang Sangkuriang Agrihorti toleran penyakit busuk daun mempunyai keuntungan relatif yang tinggi, sangat sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan petani," papar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kentang varietas ini memiliki bentuk oval panjang dan rasa yang sama dengan varietas atlantik. Selain itu Kentang Sangkuriang Agrihorti ini dapat beradaptasi pada dataran tinggi.

Diperlukan 100-110 hari untuk dapat memanen kentang varietas ini. Hasil panennya mencapai 24,61 - 34,99 ton/ha yang kemudian dapat bertahan lama 2-3 bulan setelah panen.

Postingan ini menuai beragam komentar dari jagat netizen dunia maya. Berikut seperti dirangkum oleh Okezone.

n*f*r_*p*r Bibitnya?

b*r*sr*tt*n Seriusan min tahan fusarium??

r*d*nd*y*t19 Ada fotonya ?

tr*sn*.n*ngs*h.184 Mantap

h**d*r*lf @*dh*0645 monggo juragan 😄

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini