nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rakor dengan Menko Luhut, Gubernur Jatim Ingin Bangun LRT

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 21:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 16 320 2153980 rakor-dengan-menko-luhut-gubernur-jatim-ingin-bangun-lrt-6D9xNCIR67.jpg LRT (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengelar rapat kordinasi (rakor) untuk membahas proyek prioritas nasional di Jawa Timur di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi Jakarta.

Dalam rapat ini, dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawangsa, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Menteri KKP Edhy Prabowo, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan beberapa pihak lainnya.

 Baca juga: Fakta Jembatan Lengkung LRT Jabodebek, dari Perancangnya hingga Cetak Rekor Dunia

Gubernur Jatim Khofifah mengatakan pada rapat kali ini salah satu pembahasanya yakni pembangunan transportasi kereta ringan atau LRT di kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertosusila).

"Jadi, kita akan terus komunikasi ke berbagai kementerian, terutama kementerian perhubungan. Dan kita berharap salah satu super prioritas adalah LRT untuk gerbangkertasusila," ujar dia, Kamis (16/1/2020).

 Baca juga: Terpanjang di Dunia, Longspan LRT Jabodebek Dipastikan Tahan Gempa

Dia menjelaskan, saat ini kawasan Gerbangkertosusila yang populasinya 12 juta orang seperti Jabodetabek membutuhkan transportasi massal. Maka itu, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat khususnya Kemenhub.

"Soal transportasi yang cocok dengan opsi-opsinya. Dan apakah 100% layang atau sebagian memakai badan jalan," ungkap dia.

 Baca juga: Cerita Kepala BRIN: Jepang Sempat Ragukan Jembatan Lengkung LRT Jabodebek

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menyebut pembangunan LRT akan menelan berbiaya mahal. Oleh karena itu opsi yang bisa dilakukan adalah membangun autonomous rapid transit (ART) dari pada LRT di Surabaya.

"Saran saya menggunakan ART saja. Di mana ART kereta berbasis ban. Kita harapkan ada kombinasi penggunaan elevated dan jalan raya," tutur dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini