nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erick Thohir: Menteri Naik di Kelas Ekonomi tapi Dirut BUMN di Business Class

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 16:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 17 320 2154376 erick-thohir-menteri-naik-di-kelas-ekonomi-tapi-dirut-bumn-di-business-class-Mo4PATAGm4.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan saat ini karyawan BUMN sudah memiliki gaji yang besar. Hal tersebut mengurangi persepsi orang yang menilai beberapa karyawan BUMN itu tidak memiliki gaji yang besar.

"Jadi, gaji karyawan BUMN ini lebih besar dibandingkan perusahaan swasta. Hal itu seiring dengan bonus dan gaji yang membedakan BUMN dan swasta," ujar dia di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

 Baca juga: Ogah Masuk Parpol, Erick Thohir: Jalur Saya Profesional

Namun, lanjut dia, gaji Menteri BUMN hanya Rp19 juta. Padahal kebijakannya yang diambil jauh lebih besar dibanding swasta dan BUMN.

"Kebayang gak Menteri ESDM pak Arifin naik pesawat di Economy, tapi Dirut Inalum di business class. Padahal kebijakannya yang harus diambil lebih besar tanggung jawabnya di Arifin, makanya harus create empathy," ungkap dia.

 Baca juga; Pilih Jadi Menteri atau Pengusaha? Erick Thohir: Saya Pilih Jadi Pengusaha

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir lebih memilih menjadi pengusaha daripada menjadi menteri.

"Pengusaha. Lebih bebas dan tentu juga sebenarnya, kontribusi ke masyarakat. Sebenarnya sama juga. Cuma memang, yang membedakan, ada kebijakan yang lebih besar dan impactfull ke masyarakat ketika menjadi menteri," jawab Erick saat ditanya pilih jadi menteri atau pengusaha, di Jakarta.

 Baca juga: 2 Alasan Kuat Erick Thohir Sering Bongkar Pasang Bos BUMN

Erick mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar BUMN tidak hanya berfokus pada bisnis tapi ada social impactfull yang diharapkan. "Kalau di korporasi ada CSR 5%, tapi BUMN hampir 34% dari value untuk respons sosial," ungkap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini