nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Terkini Ibu Kota Baru, Investasi UEA hingga Konsep Modern

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 18 320 2154800 fakta-terkini-ibu-kota-baru-investasi-uea-hingga-konsep-modern-5pRAWpx7Bm.jpg Ilustrasi Ibu Kota (Okezone)

JAKARTA - Saat ini pemerintah tengah membangun ibu kota baru yang terletak di Kalimantan Timur. Rencananya, pembangunan ibu kota baru ini menggunakan konsep kota modern tetapi ramah lingkungan. Saat ini, ibu kota baru sudah dalam tahap masterplan.

Simak fakta terkini mengenai ibu kota baru yang dirangkum oleh Okezone pada Minggu (19/1/2020):

1. Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) sebagai Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru

Pemerintah menunjuk Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) sebagai Dewan Pengarah pembangunan Ibu Kota Baru. Seperti diketahui, pemerintah akan memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta menuju Kalimantan Timur.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, meskipun menjadi dewan pengawas namun, Sheikh MBZ akan berada di bawah arahan langsung Presiden Joko Widodo. Nantinya, Sheikh MBZ akan memiliki dua anggota di dalamnya.

"MBZ akan menjadi ketuanya dengan dua orang anggota, yaitu Masayoshi Son dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Di atasnya ada Presiden Joko Widodo yang akan menjadi Penganggung Jawab," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (14/1/2020).

2. Pemerintah dan UEA Membentuk Dana Abadi untuk Ibu Kota Baru

Pemerintah berencana untuk membentuk dana abadi atau Sovereign Welth Fund (SWF) bersama dengan Uni Emirat Arab (UEA). Rencananya, pembentukan dana abadi dengan Uni Emirat Arab (UEA) ini akan difinalisasi pada akhir bulan ini di Tokyo.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pembentukan dana abadi ini diperuntukan untuk pembangunan ibu kota baru. Oleh karena itu, dirinya berharap agar finalisasi pembentukan dana abadi ini bisa dipercepat.

Luhut berharap, jika pengelolaan dana abadi untuk pembangunan ibu kota baru ini sukses bisa dilanjutkan menuju sektor lainnya. Misalnya untuk pembangunan infrastruktur ataupun untuk menarik investasi.

3. Konsep Ibu Kota Baru Adalah Indonesia-sentris

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota dari Jakarta menuju Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan dalam forum Abu Dhabi Suistainabilitu Week (ADSW) 2020, di Abu Dhabi National Exhibition Centre (ADNEC), Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam sambutannya, Jokowi ingin agar pemindahan ibu kota ini bisa membantu mendongkrak ekonomi daerah sekitar. Karena selama ini, seluruh beban tersebut ditanggung seluruhnya oleh Jakarta.

“Konsep pengembangan ini adalah apa yang kami sebut Indonesia-sentris. Itulah sebabnya kami melakukan salah satu inisiatif paling berani dalam sejarah negara kami, membangun ibu kota baru dari bawah ke atas,” ujarnya mengutip halaman Setkab, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

4. Pembangunan Ibu Kota Baru Berkonsep Modern

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar pembangunan ibu kota baru berkonsep modern dengan teknologi canggih. Dirinya juga menginginkan agar ibu kota baru bisa ramah lingkungan, sehingga masyarakat yang tinggal di dalamnya bisa nyaman untuk beraktivitas.

“Ini akan menjadi karya terbaik dalam efisiensi energi dalam inovasi dan kreativitas ramah lingkungan dan dalam kebahagiaan penghuninya,” kata Jokowi seperti dilansir setkab, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

5. Presiden Jokowi Belajar dari Kota Masdar Dalam Membangun Ibu Kota Baru

Dalam mengembangkan ibu kota baru itu, Presiden Jokowi mengaku akan belajar dari perintis perencana kota, termasuk tuan rumah Abu Dhabi Suistainabil itu Week, yaitu Kota Masdar di Abu Dhabi dan lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah menunjuk Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) sebagai Dewan Pengarah pembangunan Ibu Kota Baru. Seperti diketehui, pemerintah akan memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan. 

6. Diperkirakan 7 Juta Orang Akan Pindah Ke Ibu Kota Baru

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki 1,4 juta pegawai pemerintah pusat di Jakarta. Dengan keluarga mereka, total populasi sekitar 6 hingga 7 juta orang.

“Dengan 6 hingga 7 juta orang pindah ke ibu kota baru, populasi akan menjadi 3 kali populasi Paris, 10 kali populasi Washington DC, itu akan mulai mendekati 8 hingga 9 juta populasi seperti New York dan London,” ucap Jokowi.

7. Gaya Hidup Ibu Kota Baru yang Rendah Karbon

Pemerintah harus memastikan bahwa gaya hidup perkotaan abad ke-21 rendah karbon dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Ibu kota baru akan mengatasi penyebab sosial pencemaran yaitu budaya gaya hidup boros, dengan menciptakan kota baru yang menarik, mudah, dan diharapkan untuk orang kaya dan miskin.

“Untuk mengadopsi gaya hidup rendah karbon yang efisien, berorientasi pada transportasi umum dan kehidupan kota yang ramah pejalan kaki, dan dekat dengan alam,” ucap Jokowi.

8. Autonomos Vehicle Jadi Konsep Transportasi Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan banyak menggunakan konsep baru. Konsep baru akan diterapkan pada transportasi massal di ibu kota negara (IKN).

Kepala Negara mengatakan, nantinya akan menggunakan teknologi otomatis atau autonomous vehicle. Salah satunya kendaraan pribadi nantinya menggunakan electric vehicle alias mobil listrik.

"Jadi, nanti gambarnya kita membangun transportasi umumnya adalah autonomus. Mobil-mobil pribadi nanti juga elektrik. Autonomous Vehicle,” ujar dia di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (15/1/2020).

9. Terdapat Tujuh Instruksi Presiden Mengenai Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tujuh arahan berkaitan dengan persiapan rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan.

“Yang pertama, saya minta yang berkaitan dengan legislasi dan regulasi-regulasi yang mendukung ini disiapkan. Dan saya dengar Pak Menteri Bappenas ini sudah siap sehingga segera kita sampaikan, kita berikan kepada DPR agar bisa diselesaikan,” ujar Presiden, dilansir dari Setkab, dalam Rapat Terbatas (ratas) yang dilaksanakan di Kantor Presiden, Provinsi Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Hal kedua, lanjut Presiden, berkaitan dengan kelembagaan. Dia meminta agar bisa diselesaikan sehingga hal-hal berkaitan dengan pemindahan ibu kota ini bisa dikerjakan oleh lembaga yang dibentuk, yaitu Badan Otoritas Ibu Kota.

10. Desain Ibu Kota Baru yang Modern Namun Ramah Lingkungan

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan desain ibu kota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur, pada acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020. Jokowi menunjukkan desain ibu kota dengan menayangkan sebuah video.

Video tersebut menampilkan beberapa visual sudut pandang desain ibu kota baru secara landscape. Terdapat gambaran ibu kota dikelilingi banyak pepohonan hijau, sesuai dengan rencana pembangunan green city.

Namun, ibu kota baru juga nampak modern dengan adanya gedung-gedung tinggi pencakar langit. Jokowi bilang, nantinya seluruh moda transportasi di kota tersebut akan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan yakni tenaga listrik.

11. Ibu Kota Baru Sudah Masuk Dalam Tahap Masterplan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan bahwa pra-masterplan sudah untuk Ibu Kota Negara saat ini telah selesai.

“Sekarang masuk ke masterpan dan ini international bidding, dan melibatkan dari konsultan-konsultan kelas dunia. Dan untuk itu banyak pihak yang sudah tertarik ikut di dalam international bidding, sekarang sedang berproses,” ujar Kepala Bappenas seperti dilansir setkab, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

12. Akuisisi Vale untuk Pengembangan Mobil Listrik di Ibu Kota Baru

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum) resmi akuisisi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Hal tersebut akan menguntungkan Indonesia dalam pembangunan Ibu Kota baru.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyebutkan, akuisisi divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk merupakan rencana strategis mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Bahkan, untuk menjamin kebutuhan baterai mobil listrik.

"Kita ketahui, negara kita salah satu produsen nikel terbesar di dunia. Maka itu, akuisisi Vale ini menjadi bagian penting dari rencana strategis ke depan,” ujar dia di Jakarta, Jumat (17/1/2020)

13. Softbank Akan Investasi Rp409,5 Triliun di Ibu Kota Baru

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, Softbank bakal menanamkan modal hingga USD30 miliar setara Rp409,5 triliun (USD1 setara Rp13.650) di ibu kota baru. Namun skema investasinya akan diputuskan Presiden Joko Widodo pada Februari 2020.

"Presiden akan membuat keputusan Februari (2020). Negosiasi kami akan bagaimana angkanya mungkin USD30 miliar," kata Luhut dalam acara diskusi bersama media di kantornya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

(fbn)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini