nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelabuhan Biak Papua Kedatangan Kapal Mewah MV The World

Irene, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 09:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155284 pelabuhan-biak-papua-kedatangan-kapal-mewah-mv-the-world-DJDItLy6sI.jpg Pelabuhan (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (ditjen Hubla) menyambut kunjungan pelayaran perdana Kapal Cruise MV The World. Kapal ini mendarat di tanah Papua, tepatnya di Pelabuhan Biak.

Melansir unggahan Instagram resmi Kemenhub151, Senin (20/1/2020), MV The World merupakan salah satu kapal pesiar termewah di dunia. Kapal ini juga disebut sebagai "resident at sea" atau apartemen apung.

 Baca juga: Medan Punya 2 Pelabuhan, Menhub Harapkan Volume Perdagangan Naik

Butuh kerja keras untuk mendatangkan kapal ini ke suatu daerah karena tidak semua pelabuhan mampu untuk disandari kapal sejenis ini. Namun, Pelabuhan Biak yang terletak di Kota Biak, Kabupaten Biak Numfor Papua mampu menjadi tempat bersandar kapal MV The World dengan GT 43.188 ini.

 MV The World

Kapal ini baru selesai docking pada bulan Mei 2019 lalu dan ini merupakan perjalanan perdananya setelah dock. Perjalanan kapal ini dimulai dengan menyinggahi Biak, Raja Ampat dan kemudian akan berakhir di Banda Naira, Maluku pada tanggal 2 Febuari 2020 mendatang.

 Baca juga: Operasional Pelabuhan Patimban Berpotensi Mundur Jadi September 2020

Sebelum tiba di Biak, kapal asal Bahana ini bertolak dari Pelabuhan Palau dengan mengangkut setidaknya 286 orang kru dari 37 negara dengan jumlah penumpang yaitu 195 orang yang berasal dari 19 negara.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Biak Oktovianus C. Karubaba dalam kesempatannya menyampaikan harapannya agar para wisatawan yang berkunjung ke Kota Biak memiliki kesan yang baik sehingga diharapkan selanjutnya akan ada kapal-kapal wisata lainnya yang akan bersandar di Pelabuhan Biak, sehingga dapat mendorong potensi wisata yang ada di sana.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini