nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Usul OJK Dibubarkan, Karena Jiwasraya?

Vania Halim, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 03:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2156282 dpr-usul-ojk-dibubarkan-karena-jiwasraya-040ZExVJXM.jpg OJK. Foto: Okezone

JAKARTA - Komisi XI DPR RI menyatakan pihaknya bakal mengevaluasi industri jasa keuangan Indonesia melalui melalui Panitia Kerja (Panja) Industri Jasa Keuangan yang sudah dibentuk pada Senin, 20 Januari 2020. Pembentukan OJK dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan jadi lebih baik, namun menurutnya hasilnya tak maksimal.

ojk

Permasalahan likuiditas yang terjadi di industri perbankan maupun industri keuangan nonbank (IKNB). Yang saat ini menjadi sorotan masyarakat adalah kasus di AJB Bumiputera 1921, PT Bank Muamalat Tbk, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), dan PT Asabri (Persero), dan PT Taspen (Persero).

Oleh sebab itu, komisi XI DPR menyatakan fungsi pengawasan yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan dikembalikan ke fungsi awal yaitu Bank Indonesia (BI) dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bappepam LK). Yang artinya, DPR mengusukan untuk membubarkan OJK.

Baca Selengkapnya: Usul OJK Dibubarkan, DPR Sebut Fungsinya Dikembalikan ke BI dan Bapepam LK

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini