Tips Berbisnis, Selalu Maju Walaupun Terhambat Modal

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 25 320 2158200 tips-berbisnis-selalu-maju-walaupun-terhambat-modal-dHm4NW9xcT.jpg Tips Sukses (Shutterstock)

JAKARTA - Banyak orang yang ingin memulai bisnis sebagai sumber pendapatannya. Namun, mereka masih bingung bagaimana cara menjadi sukses dengan berbisnis.

Sering kali orang membayangkan betapa rumitnya memulai bisnis. Padahal, sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Pebisnis tak boleh terlalu kaku. Mereka harus bisa fleksibel dalam mengikuti keinginan pasar.

 Baca juga: Imlek 2020, Kecocokan Bisnis versi Feng Shui

Seperti dikutip 'Top 50 Bisnis Paling Untung Bos' karya Tim Aksara, ada beberapa resep manjur dari Ir. Henky Eko Sriyantono untuk menjadi pebisnis yang sukses.

Pertama, untuk menjadi pebisnis sukses akan memanfaatkan segala potensi yang dimilikinya untuk mendapatkan modal. Janganlah berpikiran bahwa uang saja yang menjadi hal utama dalam memulai bisnis. Pebisnis sukses tetap maju walaupun terhambat masalah modal bisnis. Dia bisa memanfaatkan reputasinya atau meminta bantuan kepada relasinya.

Baca juga: Imlek 2020, Harga Cabai Merah dan Ayam Alami Kenaikan

Pebisnis sejati harus membuang pikiran bahwa bisnis baru yang dijalaninya akan langsung sukses besar. Mereka yang sukses dalam berbisnis merintis usaha mereka dari nol dan melangkah sedikit demi sedikit dalam mencapai kesuksesan.

Jangan lupa untuk menekan perhitungan modal dalam berbisnis. Misalnya, seseorang dapat membuat kesepakatan dengan temannya dalam menyewa tempat bisnis dengan sistem bagi hasil.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini