nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Shortcut, Singaraja-Mengwitani Bali Hanya Butuh 1,5 Jam

Irene, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 10:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 27 320 2158769 ada-shortcut-singaraja-mengwitani-bali-hanya-butuh-1-5-jam-A0RyxtV013.jpg Jalan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Jalan baru (Short Cut) 3-6 Bts yang menjadi akses Singaraja-Mengwitani di Bali telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Jalur ini terbukti mengurangi kepadatan dan mempersingkat waktu tempuh.

Melansir unggahan Instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (27/1/2020), setelah diresmikan pada 30 Desember 2019 lalu, Short Cut 3, 5, 6 Bts ini telah beroperasi sejak Senin 13 Januari 2020. Short Cut ini merupakan 2 jalur 1 jalur, yang artinya kendaraan dari 2 arah dapat melaluinya.

 Baca juga: Pemeliharaan Jalan Tol Jagorawi Kembali Dilanjutkan, Cek Lokasinya!

Sementara itu untuk Short Cut 4 hanya terdiri dari 1 jalur 2 jalur, yaitu hanya bisa dilalui dari Singaraja menuju arah Denpasar. Dan untuk arah sebaliknya dapat melewati jalan lama (eksisting).

Tidak hanya sekadar dilintasi, para pengendara juga dapat melihat pemandangan yang menjulang indah di sepanjang jalan. Tidak hanya itu, dindingnya pun juga dilengkapi ornamen-ornamen yang menambah estetika jalan baru ini.

 Baca juga: 3 Pintu Keluar Tol Yogyakarta-Solo Disediakan di Klaten

"Oiya, jalan baru ini juga menyajikan pemandangan yang indah yang memanjakan mata pengendara. Barisan dinding yang menjulang dan ada pula jembatan yang menyusuri Danau Beratan," tulis Kemenpupr dalam keterangan videonya.

Setelah dilakukan open traffic, sebelum akhirnya ditutup kembali untuk melakukan pengujian, kini shortcut ini sukses memangkas waktu tempuh dari Denpasar ke Singaraja menjadi hanya 1,5 jam. Perlu diingat, di sepanjang jalan ini, para pengendara dilarang berhenti untuk berswafoto dengan alasan keselamatan.

 Baca juga: 38 Ha Lahan Pertanian Kena Proyek Tol Yogyakarta-Solo

Jagat media Instagram pun mengomentari positif unggahan KemenPUPR ini. Berikut seperti dirangkum Okezone.

*g*s_m*s*p*n Kemarin saya udh ngelewatin jalan itu

*f_w*y_*n Lanjutkeun

*ngg*ch* Masak sih bisa 1.5 jam???!!! Klo nyepi mungkin bisa

g*ss*ng*q*l Kereeennnn

k*d*k_d*b*l**2 Terima kasih #kemenpupr mari kita menjaga dan merawat pasilitas yg sdh dibangun pemerintah... selamat

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini