nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menko Airlangga Kejar Pertumbuhan Ekonomi hingga 6%

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 12:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 20 2159444 cara-menko-airlangga-kejar-pertumbuhan-ekonomi-hingga-6-Jgxzs4vbKr.jpg Airlangga Hartarto (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2020-2024 bisa mencapai 6%. Tercatat pertumbuhan ekonomi di 2019 masih 5%.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kooordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Manager Forum ke 43 Inews Tower Jakarta. Menurutnya untuk mencapai angka tersebut, pemerintah akan terus menggenjot investasi di dalam negeri.

 Baca juga: Menko Airlangga Sebut Virus Korona Ganggu Sektor Pariwisata

"Kita lihat bahwa pertumbuhan ekonomi saat ini masih 5%. Pak Presiden Jokowi mempunyai aspirasi pertumbuhan 6% di periode 2020 sampai 2024. Maka itu pertumbuhan ekonomi 6% itu adalah tentunya menjadi target dari pemerintah," ujar dia, Selasa (28/1/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya sudah membuat kebijakan yang diharapkan bisa mewujudkan angka pertumbuhan ekonomi 6%. Seperti penurunan suku bunga selama 7 kali oleh Bank Indonesia (BI).

 Baca juga: Virus Korona Serang Ekonomi Jepang, Terutama Sektor Pariwisata

"Kalau kita bisa sebut Jokowinomic itu yang pertama adalah financial easing (kebijakan moneter) dari BI yang selama ini sudah menurunkan 7 kali tingkat suku bunga," ungkap dia.

Kondisi ketidakpastian yang membayangi perekonomian global di sepanjang tahun 2019 berdampak kepada negara-negara di dunia. Meskipun begitu, perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh di kisaran 5% pada tahun lalu.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, sejak kuartal II-2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di peringkat kedua di antara negara-negara anggota G20. Indonesia berada di bawah China pada peringkat pertama dan diatas India yang menduduki peringkat ketiga.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini