nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Imbas Virus Korona, Hewan dan Tumbuhan Asal China Diawasi Ketat

Vania Halim, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 05:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 04 320 2163299 imbas-virus-korona-hewan-dan-tumbuhan-asal-china-diawasi-ketat-GXFb0Zl0lB.jpg Mentan Syahrul Yasin Limpo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia melakukan pengawasan ketat terhadap lalu lintas hewan dan produk pertanian yang berasal dari China dan dari negara yang terjangkit virus korona.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pengawasan dilakukan sebagai antisipasi potensi dari reservoir hewan dalam penyebaran virus korona. Terlebih lagi, penyebaran virus korona sering terjadi pada hewan dan dapat ditularkan pada manusia.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kesehatan dan keamanan dari media pembawa hama penyakit baik hewan dan tumbuhan. Pengawasan harus diperkuat,” kata Syahrul.

Tak hanya itu, Kementan juga memusnahkan beberapa komoditas pertanian asal hewan dan tumbuhan yang masuk ke wilayah Indonesia secara Illegal di Instalasi Karantina Pertanian Soekarno Hatta atau tidak dilengkapi dengan sertifikat kesehatan dari negara asal.

Baca Selengkapnya: Cegah Virus Korona, Mentan Awasi Pengiriman Hewan dan Tumbuhan dari China

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini