Ingin Membuka Bisnis? Ukur Dulu Semua Potensi

Hairunnisa, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 320 2164851 ingin-membuka-bisnis-ukur-dulu-semua-potensi-LDxnOrS9RK.jpg Pekirkan Banyak Hal sebelum Kamu Memulai Usaha. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Sebelum memutuskan memulai sebuah usaha, calon pebinis wajib mengenali potensi pasar. Cara dengan menggunakan data-data statistik, jika tidak mampu menghitung, sang pengusaha akan kehilangan kendali.

Misalnya, warung makan tegal atau warteg, kita harus tahu beberapa banyak penduduk di wilayah di mana warteg itu buka. Kemudian beberapa banyak pesaingnya, serta berapa banyak makanan yang mungkin bisa dijual dalam kondisi pasar yang ada.

Baca Juga: Fasih Berbahasa Asing? Cobalah Mulai Bisnis Sampingan sebagai Penerjemah Ekspres

Mengutip dari Buku Pintar Mengelola Usaha bagi Pemula 101 Pedoman Buku Usaha Langsung Meraih Laba 2016 karya William Tanuwidjaja, Sabtu (8/2/2020) menjelaskan, yang diukur bukan hanya potensi pasar saja tetapi juga pendapatan dan biaya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk Ini Penghancur Karier

Penting sekali untuk mengetahui apakah usaha itu merugi atau mampu menciptakan laba. Kalau ternyata rugi, peting juga untuk menghitung apakah da prospek jangka panjang yang positif.

Selain itu, seorang pengusaha juga harus memiliki telenta khusus dalam mengelola orang. Hal ini disebabkan karena seluruh pekerjaannya akan berurusan dengan orang.

Pekerjaan eksekutif terbagi kira-kira sebagai berikut, 60% dealing dan bertemu relasi sebanyak 30%, dan 10% administratif. Dalam kapasitas pekerjaan seorang pengusaha, semua tugas itu berkaitan dengan manusia.

Seorang pengusaha juga harus memilih partner dengan benar sejak usaha dimulai. Begitu banyak bisnis yang gulung tikar karena tidak berhubungan baik dengan pemegang saham, pemasok, distributor, kreditur, dan juga karyawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini