Pengunjung Berkurang Imbas Virus Korona, Wapres Minta Pengusaha Hotel Sebar Promo

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 10 320 2166178 pengunjung-berkurang-imbas-virus-korona-wapres-minta-pengusaha-hotel-sebar-promo-vbn9X70E9w.jpg Hotel (Shutterstock)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kepada Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) agar melakukan inovasi dalam bisnisnya. Hal terus dalam rangka mengatasi penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara akibat mewabahnya virus Korona.

Menurut Ma'ruf Amin, sektor pariwisata memang salah satu yang paling terdampak virus Korona. Karena jumlah wisatawan dari China yang datang ke Indonesia cukup besar.

 Baca juga: Daftar 10 Hotel Termahal di Dunia, Tarifnya Rp322 Juta per Malam

"Saya mengajak PHRI dan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata untuk terus melakukan inovasi mengatasi penurunan jumlah kunjungan wisman akibat virus corona," ujarnya dalam acara Munas PHRI di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/2/2020).

Salah satu contohnya adalah dengan memberikan promo-promo kepada para wisatawan. Misalnya promo tersebut diberikan pada saat low season atau pada saat musim liburan sepi atau pada week days.

 Baca juga: Hotel Ini Lokasinya di Puncak Gunung, Pemandangannya Manjakan Mata

"Mengembangkan strategi untuk mendorong peningkatan wisatawan domestik sebagai tulang punggung industri perhotelan, Memanfaatkan idle capacity fasilitas hotel pada saat low season, kemudian mengemas paket-paket promosi hotel dengan konvensi, events atau atraksi yang menarik bagi masyarakat, lembaga pemerintah, non pemerintah, kalangan bisnis, dan komunitas," jelasnya.

Inovasi lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara memanfaatkan platform digital. Pemanfaatan ini bisa dilakukan lewat kerjasama dengan perusahaan digital atau juga bisa membuat platform digitalnya sendiri.

"Lebih memanfaatkan digital platform untuk promosi, dan lain sebagainya," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini