nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Akan Keluarkan Aturan Kesehatan Keuangan Asuransi

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 20:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 320 2168098 ojk-akan-keluarkan-aturan-kesehatan-keuangan-asuransi-64WH6ect91.jpg Ilustrasi Asuransi. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana mengeluarkan aturan tentang kesehatan keuangan asuransi. Aturan seiring dengan kondisi industri asuransi yang diwarnai kasus gagal bayar dan salah kelola dana investasi.

Aturan ini merupakan revisi dari POJK Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Baca Juga: Dibobol, Ini Fakta-Fakta Bocornya Data Nasabah di OJK

Kepala Departemen Pengawasan IKNB 1A OJK Ariastiadi menyebut, aturan ini dapat mendeteksi perusahaan asuransi yang bermasalah dan dapat dilakukan penanganan.

"Sehingga nantinya tingkat perusahaan asuransi yang bermasalah bisa ditangani lebih awal," ujar dia di Kantor OJK, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dia menuturkan, aturan ini prinsipnya sama dengan perbankan. "Intinya kita bisa lebih awal mengindentifikasi kan perusahaan asuransi mana saja yang firm perlu pembinaan atau lebih jauh lagi perlu disehatkan," ungkap dia.

Baca Juga: Sri Mulyani Tak Mau Asal Gelontorkan Dana ke Jiwasraya

Dia juga berharap, aturan ini selesai pada 31 Desember 2020 dan efektif di awal tahun 2021 mendatang. Dan, dasar peringkat akan menggunakan laporan keuangan tahunan.

"Rencananya si tingkat kesehatan (TKS), ini akhir tahun sudah menjadi assesment. Kan laporan keuangan kan keluarnya tahunan," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini