Tips Anti Gagal Jadi Wirausaha, Harus Punya Motivasi

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 320 2168853 tips-anti-gagal-jadi-wirausaha-harus-punya-motivasi-EoT70f7BY9.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Banyak yang ingin berwirausaha, tetapi takut untuk memulainya. Biasanya mereka takut akan gagalnya usaha yang telah dibangun.

Namun, usaha tak akan dibangun jika hanya memikirkan ketakutan-ketakutan saja. Ubahlah mindset di kepala agar bisa membangun usaha dan sukses.

Seperti dikutip dari buku "101++ Ide Jitu Peluang Usaha" karya Tim Gemini Writer yang terbit pada 2008, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar memberikan hasil yang maksimal dan tidak gagal dalam berwirausaha.

  Baca juga: Ingin Bisnis Kedai Kopi? Ini Perhitungannya

Pertama, miliki semangat atau motivasi yang besar untuk terus maju dan berkembang dalam berwirausaha. Janganlah menyerah walaupun terkena masalah. Dengan semangat yang menggebu-gebu, semua bukan jadi rintangan.

Lalu tingkatkan keterampilan. Keterampilan dapat membuat usaha menjadi lebih berkembang. Jika keterampilan mumpuni sudah dimiliki, kesuksesan tinggal menunggu waktu.

Selain itu, kembangkan minat atau hobi yang dimiliki. Sebaiknya pilih bidang usaha yang disenangi saat akan menekuni dunia bisnis.

Baca juga: Ingin Jadi Pengusaha Harus Punya 7 Sifat Dasar Ini

Jika melakukan usaha yang bidangnya cocok dengan kita, maka akan bekerja dengan senang hati, menikmati yang dikerjakan, dan tidak berhitung untung atau rugi dulu (yang ini tentu tidak dianjurkan berlangsung terus menerus, tetapi hanya sebagai proses pembelajaran diri).

Setelah itu, tanamkan kepercayaan kepada orang lain. Walaupun kamu sudah menyusun rencana usahamu dengan sangat rinci, hal ini tidak akan banyak membantu usaha, jika tidak bisa memperoleh kepercayaan dari orang lain.

Orang lain percaya kepada kita dari perilaku usaha yang dijalankan. Misalnya, dengan memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada pelanggan agar pelanggan percaya dengan kita dan ingin membeli lagi ke depannya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini