nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Menata Rumah Mungil? Buat Dulu Daftar Prioritas

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 14:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 15 470 2168838 mau-menata-rumah-mungil-buat-dulu-daftar-prioritas-4Oc6lrALOw.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Memiliki rumah ideal bagi keluarga adalah harapan kita semua. Namun perkaranya menjadi tidak mudah bila yang kita miliki adalah rumah mungil. Dengan luas yang terbatas, rumah harus dapat menampung semua kebutuhan dan kegiatan penghuninya.

Selain itu, rumah pun harus kelihatan enak dipandang dan nyaman ditinggali. Banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mewujudkan "karya seni" ini. Kejelian menata dan pemikiran jauh ke depan menjadi modal pertimbangan menata rumah mungil.

Mengutip dari buku Menata rumah mungil 2005 karya Imelda Sandjaya, Minggu (9/2/2020) menjelaskan, merancang rumah memiliki dua tujuan, yaitu tercapainya tuntutan fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan aman. Lalu, tercapainya tuntutan segi keindahan atau estetika.

 Baca juga: Ingin Rumah Terlihat Luas? Coba Gunakan Rak Gantung

Agar tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai dengan maksimal, kita harus menentukan langkah-langkah penataan rumah, seperti pengelolaan ruang secara efektif dan efisien, pencahayaan (alami dan buatan) dan pengudaraan yang tepat,dan pemilihan elemen interior (seperti warna dan corak) yang cermat.

Dengan desain yang tepat, keterbatasan ukuran bisa dimanipulasi. Rumah mungil terasa lebih luas, ruang sempit berkesan lebar, bahkan langit-langit rendah seakan-akan lebih tinggi.

Tatanan rumah juga sebaiknya mencerminkan kepribadian pemiliknya. Di sinilah gaya interior yang sesuai dengan selera pemilik memegang peranan. Gaya klasik yang biasanya diminati oleh mereka yang sudah mapan, gaya kontemporer untuk mereka yang suka bereksperimen, gaya naturalis untuk mereka yang cinta lingkungan, atau gaya modern yang serba simpel namun elegan.

Baca juga: Cara Desain Rumah dengan Lahan Sempit

Yang penting untuk diingat adalah ruang-ruang di dalam rumah mungil harus merupakan satu kesatuan utuh yang tak terpisahkan. Menata rumah mungil berarti juga merencanakan penataan dan perubahan interior secara menyeluruh. Pada intinya, harmoni dalam desainlah yang menentukan sukses tidaknya rancangan. Kuncinya adalah konsisten dalam tema.

Langkah-Langkah Menata rumah:

1. Membuat daftar prioritas ruang, mendahulukan yang utama.

2. Menentukan fungsi-fungsi yang dapat digabung menjadi satu ruang.

3. Membuat gambar denah rumah, dan menentukan fungsi masing-masing.

4. Memeriksa kondisi dinding, lantai, langit-langit, pintu, dan jendela.

5. Memutuskan bagian-bagian mana yang akan di tonjolkan atau disamarkan.

6. Merencanakan jangka waktu pelaksanaan dan membuat anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini