nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurus Sri Mulyani Antisipasi Dampak Virus Korona ke Ekonomi RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 17:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 18 20 2170448 jurus-sri-mulyani-antisipasi-dampak-virus-korona-ke-ekonomi-ri-YEetHSxdMd.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com/Instagram/@Smindrawati)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan beberapa kebijakan untuk menghadapi wabah virus Korona. Mengingat ekonomi global diprediksi akan mengalami penurunan akibat virus korona ini.

Sri Mulyani mengatakan, salah satu yang akan dilakukan adalah dengan memberikan diskon bagi wisatawan domestik yang ingin pergi berlibur. Pasalnya, akibat wabah virus Korona ini membuat jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia turun.

 Baca juga: Bonus Demografi, RI Perlu Belajar dari Jepang

Apalagi setelah pemerintah menstop sementara penerbangan dari dan menuju China. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus korona di Indonesia.

"Beberapa kajian ini sedang di finalkan seperti yang disampaikan Bapak Presiden (Jokowi) kemarin mengenai masalah diskon terhadap wisatawan daerah-daerah yang akan terkena dampak langsung karena wisatawan turun sangat drastis," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR-RI, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

 Baca juga: Ini Cara Sri Mulyani Kejar Ekonomi Jawa Tengah di 7%

Dia mengatakan untuk meminimalisir dampak dari virus corona pemerintah juga berupaya untuk mendorong konsumsi melalui bantuan sosial. Sebab salah satu instrumen pendorong dari ekonomi Indonesia adalah konsumsi rumah tangga

Selain itu, pihaknya juga tengah melihat secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi dan langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam APBN 2020 agar bisa tetap stimulus. Termasuk juga memantau kondisi terkini dari perekonomian global imbas virus Korona ini.

 Baca juga: Menteri Diminta Pantau dan Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2020-2024

"Kita sedang mengkaji berbagai hal dalam rangka untuk meminimalkan dampak corona virus maupun pelemahan ekonomi global," kata Sri Mulyani.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini