nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wabah Virus Korona, Presiden Jokowi Pede Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,3%

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 14:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 20 2171449 di-tengah-wabah-virus-korona-presiden-jokowi-pede-ekonomi-indonesia-di-5-3-qEAZ1fHthX.jpg Presiden Jokowi (Biro Pers)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap percaya diri pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 akan tetap 5,3% sesuai dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Walaupun, ekonomi dunia sedang terguncang akan wabah virus Korona atau Covid-19.

"Masuk akal (5,3%), kalau target investasi yang kita berikan kepada BKPM tercapai yaitu Rp900 triliun," ujar Jokowi, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

 Baca juga: Jurus Sri Mulyani Antisipasi Dampak Virus Korona ke Ekonomi RI

Menurutnya, sekarang ini ekonomi global pada posisi yang kurang baik. Hal ini dikarenakan adanya perang dagang China dan Amerika Serikat, kemudian wabah virus Korona.

Apalagi kondisi tidak mendukung ini menggerogoti ekonomi global bahkan untuk ekspor pun belum mampu menopang perekonomian. Oleh sebab itu menurutnya perlu menggenjot investasi untuk mendukungnya.

 Baca juga; Bonus Demografi, RI Perlu Belajar dari Jepang

"Kita ingin menaikkan ekspor itu nggak mungkin karena pasarnya juga turun oleh sebab itu satu-satunya jalan untuk meningkatkan mendorong pertumbuhan ekonomi hanya satu investasi," ujar Jokowi.

Menurutnya, investasi bisa diambil dari yang kecil hingga yang terbesar. Misalnya dalam omnibus law perizinan untuk yang kecil dipermudah.

 Baca juga: Inflasi Terus Terjaga, BI: Jadi Momentum Pertumbuhan Ekonomi

"Hanya mungkin pendaftaran sehingga mereka bisa akses ke moda keuangan yang tengah juga sama yang berkaitan dengan perizinan dipermudah disederhanakan lagi arah ke depan seperti itu," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini