Rapat Soal Banjir, Komisi V DPR: Yang Datang Cuma Menteri Basuki

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 320 2174343 rapat-soal-banjir-komisi-v-dpr-yang-datang-cuma-menteri-basuki-xx2fjTLAJ4.jpeg Komisi V DPR RI (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Komisi V DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Basarnas Bagus Puruhito dan beberapa pihak terkait. Rapat ini membahas bencana banjir di Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Rapat kali ini DPR RI turut mengundang kepala daerah dari 3 provinsi, yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Banten. Namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim tak hadir.

Ketua Komisi V Lasarus menyebut rapat ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan Komisi V. Dirinya pun sebenarnya tidak ada masalah gubernurnya tak datang. Namun kali ini gubernurnya tidak satu pun yang datang.

Baca Juga: Menteri PUPR Sebut Banjir Jakarta Tanggung Jawab Semua

"Kami mengagendakan rapat ini, karena melihat menjadi perdebatan publik sudah terlalu ramai. Kenapa tak duduk bersama saja dengan pak Menteri PUPR. Kami undang semua, tapi hanya menteri-nya yang datang," ujar dia di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Menurut dia, rapat ini sebenarnya ingin menyelesaikan perdebatan di luar terkait dengan naturalisasi dan normalisasi. Pihaknya mengaku ingin mendengar apa saja pekerjaan yang telah dilakukan

"Dan undangan DPR sudah sebar seminggu sebelum rapat ini berlangsung," ungkap dia.

Sebelumnya, Komisi V DPR RI mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim untuk membahas permasalahan banjir di wilayah tersebut. Namun, ketiganya tidak hadir.

Baca Juga: Bos PLN Akui Banjir Buat Pendapatan Berkurang

Ketidakhadiran para Gubernur itu mendapatkan respons negatif oleh anggota Komisi V. Di antaranya Anggota Komisi V DPR Fraksi PDI Perjuangan Sadarestuwati yang melontarkan protes lantaran mitra Komisi V seperti Kabasarnas Marsdya Bagus Puruhito, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menghadiri rapat.

"Pimpinan, sebenarnya yang kita undang ini Gubernur dari masing-masing provinsi. Ini adalah rapat yang sangat penting. Tapi rapat yang begitu pentingnya seperti ini, Pak Menteri saja sudah berkenan hadir, seluruh mitra kita berkenan hadir, kenapa yang lainnya tidak," tegas Sadarestuwati di ruang rapat komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini