nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips dan Trik Cerdas Berinvestasi Properti

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 15:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 11 2175051 tips-dan-trik-cerdas-berinvestasi-properti-HwzmiBKpZQ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MUNGKIN kita bingung investasi apa yang cocok dan tepat untuk kita di masa tua? Keberadaan properti merupakan solusi terbaik untuk berinvestasi. Dengan memilih inventasi properti, kita bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan pasif, tanpa perlu repot bekerja dari pagi sampai malam hingga ke pagi lagi.

Tentu saja, dengan melakukan investasi properti, maka kita akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah dan melakukan beberapa pekerjaan yang berat lainnya yang menagndung risiko besar.

Tidak hanya dijadikan sebagai hunian pribadi, investasi dalam bidang properti juga bisa ditujukan untuk penyewaan atau bahkan kelak dijual kembali setelah harganya mengalami kenaikan.

Investasi properti merupakan salah satu sektor investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan supaya tidak terpengaruh dengan dampak inflasi yang semakin sadis.

Di dalam melakukan investasi properti, kita harus jeli dan cerdas memilih investasi properti yang tepat sebelum mengambil keputusan, karena investasi properti melibatkan sejumlah uang yang cukup besar, sehingga penting untuk dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut 8 pertimbangkan cerdas saat kita ingin memilih investasi properti, yaitu:

1. Pilih Lokasi Terbaik

Pemilihan lokasi yang cerdas dan tepat akan membuat properti yang kita beli memiliki nilai jual yang baik di masa yang akan datang. Di mana kita akan membeli properti, dan bagaimana potensi perkembangan lokasi tersebut di masa yang akan datang? Hal-hal seperti ini tentu wajib kita cermati dengan baik sejak awal, sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Lingkungan atau lokasi dimana sebuah properti berada akan sangat mempengaruhi jenis penyewa yang akan menyewa. Jika lokasi rumah atau properti yang dimiliki berada di sekitar universitas atau sekolah, maka para mahasiswa dan siswa yang bersekolah disana akan menjadi penyewa potensial.

2. Pertimbangkan Fasilitas yang Tersedia

Berbagai fasilitas di sekitar lokasi juga wajib menjadi pertimbangan kita, terutama bagi yang berniat untuk berinvestasi dalam bentuk apartemen. Bukan hanya fasilitas listrik dan air saja, namun berbagai fasilitas umum juga patut menjadi pertimbangan penting dalam pembelian.

Lokasi sebuah properti dikatakan strategis, jika berdekatan dengan pusat belanja, mall, sarana transportasi umum, bioskop, sarana kesehatan, dan lain sebagainya.

3. Cermati Akses Menuju Lokasi

Akses menuju lokasi properti tentu akan menjadi poin berikutnya yang wajib kita cermati. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang mudah dijangkau dari berbagai titik kedatangan sekaligus, dan terletak di area yang memang memiliki potensi perkembangan yang baik.

Kawasan perkotaan atau bahkan jalan-jalan besar akan menjadi salah satu di antaranya, sehingga sangat layak untuk dijadikan pilihan. Namun sebagaimana potensinya, properti di lokasi seperti ini juga tentu akan dihargai cukup mahal, jika dibandingkan dengan lokasi lainnya yang lebih sepi. Pilih lokasi properti yang cukup strategis sejak awal di dalam investasi yang akan kita lakukan.

4. Pajak Properti yang Harus Dibayarkan

Hal yang perlu diketahui adalah pajak properti antara satu kawasan dengan kawasan yang lain berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui besaran pajak yang akan dibayarakan agar jangan sampai pendapatan sewa tidak bisa menutupi besaran pajak yang ada.

Jangan terlalu mempermasalahan pajak yang tinggi, jika kawasan tersebut strategis dan memiliki banyak penyewa potensial, tidak ada salahnya membeli properti yang ada disana.

5. Potensi Bencana Alam

Jika kita memiliki sebuah properti yang sangat rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir, maka hal ini tentu sangat mempengaruhi nilai properti dan biaya tambahan yang harus kita keluarkan.

Para penyewa yang mengetahui bisa menjadi tidak tertarik untuk menyewa properti dan akhirnya beralih ke properti yang lainnya. Selain itu, lokasi yang rawan bencana mengharuskan kita mengeluarkan biaya tambahan untuk asuransi properti, jika suatu saat properti tersebut mendapatkan musibah.

Biaya tambahan yang harus dikeluarkan tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap pendapatan sewa yang akan kita dapatkan dari properti.

6. Temukan Developer Terpercaya

Perhatikan juga reputasi developer yang akan kita pilih nanti, sehingga tidak mengalami masalah di dalam pembelian properti ini. Pilih developer terpercaya dan telah memiliki pengalaman bisnis yang baik di bidang properti, sehingga kinerja mereka maksimal dan tidak sampai membuat kita mengalami masalah dan kerugian di masa yang akan datang.

7. Harga dan Fasilitas Pembayaran yang Tepat

Pastikan kita mendapatkan harga terbaik di dalam pembelian properti yang akan kita lakukan, terutama jika akan melakukan pembelian tunai. Di dalam pembelian kredit, kita akan memiliki sejumlah hutang kepada pihak perbankan selaku penyedia kredit.

Tanyakan secara detail seluruh informasi terkait pembayaran ini, termasuk cara pembayaran yang bisa dilakukan. Hal ini penting, untuk mencegah berbagai masalah dan juga hal-hal yang merepotkan di kemudian hari.

Dengan mempertimbangkan 8 poin yang ada di atas, maka kita bisa dengan mudah menemukan jenis properti terbaik untuk disewakan.

Bagi generasi muda yang ingin berinvestasi, CIMB NIAGA memberikan solusi KPR XTRA dengan bunga hanya mulai 3.65%. (cm)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini