nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Sebut Investasi Hijau Harus Segera Dilakukan di Papua

Hansel Jevera, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 27 320 2175153 menko-luhut-sebut-investasi-hijau-harus-segera-dilakukan-di-papua-qghYIP0ODP.jpeg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan konsep Investasi Hijau segera dilakukan di wilayah Papua. Pemerintah Pusat telah bersepakat dengan berbagai stakeholder (pemangku kepentingan), yaitu Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, K/L (Kementerian/Lembaga), sektor swasta, kelompok adat, kelompok agama, kelompok pemuda dan organisasi masyarakat sipil bahwa akan merealisasikan konsep investasi hijau untuk kemakmuran rakyat Papua.

 Baca juga: Korea Selatan Naikkan Peringatan Virus Korona, Bahlil: Investasi Masih Stabil

“Pemerintah menginginkan Investasi Hijau ini sebagai bentuk Komitmen pemerintah memakmurkan dan mengangkat derajat atau kesejahteraan rakyat Papua," ungkap Menko Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2/2020).

Menko Luhut berharap, konsep investasi hijau yang akan diterapkan di Papua dan Papua Barat ini dapat lebih cepat memacu pertumbuhan ekonomi di tanah Papua, namun tetap akan ramah terhadap lingkungan. "Jadi dengan masuknya investasi, masyarakat akan memulai kegiatan ekonomi. Perekonomian akan tumbuh dan orang bisa mendapatkan manfaat sosial darinya, namun investasi yang dilakukan haruslah investasi yang ramah lingkungan," imbuh Menko Luhut.

Baca juga: Mendag Dorong Produsen Gula India Investasi di Indonesia

Konsep investasi hijau dalam tahap awal rencana realisasinya menurut Menko Luhut akan menyasar aktivitas Investasi pada hasil pertanian dan perikanan di Papua Papua Barat yang berpotensi untuk di ekspor, serta sektor ekowisata. Adapun beberapa komoditas yang akan dikembangkan antara lain tanaman kopi, pala, dan kakao.

"Pengusaha akan kita dorong jangan ada lagi penebangan-penebangan hutan. Tapi kita akan membuat pengusaha bersama masyarakat menanam komoditas perkebunan terbaik di wilayahnya yang ramah lingkungan," ujar Menko Luhut.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini