Jurus Pemerintah Antisipasi Dampak Virus Korona ke Ekonomi RI

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 29 Februari 2020 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 20 2176167 jurus-pemerintah-antisipasi-dampak-virus-korona-ke-ekonomi-ri-WPJXfh1bzQ.jpg Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan mengatakan, pemerintah sudah membuat sejumlah langkah untuk mengantisipasu dampak ekonomi dari virus Korona (Covid-19).

"Tentu kita sudah menyiapkan paket kebijakan ekonomi," kata Dany, Sabtu (29/2/2020).

Dany membeberkan paket kebijakan ekonomi yang ataupun inisiatif pemerintah seperti mendorong agar belanja pemerintah. Misalnya dengan terus melakukan pembangunan infrastruktur yang padat karya, padat modal, dan padat penyerapan tenaga kerja.

"Itu penting untuk perputaran uang kita, harus belanja dengan optimal di masyarakat," ucapnya.

Langkah kedua, lanjut dia, pemerintah memberikan insentif kepada sektor pariwisata dengan memberikan paket diskon sampai dengan 50 persen untuk pesawat.

"Ketiga pemerintahbakan mempercepat untuk bantuan jaminan sosial penambahan anggara JKN-KIS. Pemerintah juga akan mengoptimalkan bantuan sosial melalui kartu keluarga harapan," papar Dany.

Untuk langkah yang ke-empat menurut Dany pemerintah berusaha menurunkan suku bunga di Bank Indonesia, terlebih sektor Usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa menyerap fasilitas kredit dan pendistribusiannya secara merata kebeberapa wilayah dan sentra ekonomi.

Dia mengatakan ada kemungkinan virus Korona juga akan berdampak pada penurunan pendapatan nasional.

"Bahwa dampak ekonomi ini akan memberikan implikasi penurunan pendapatan nasional dan kemungkina besar pasti ada. Tetapi kita jaga agar penurunan Gross Domestic Product (GDP) tidak signifikan," jelas Dany.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini