Impor Bahan Baku Dilonggarkan Demi Inflasi

Vania Halim, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 320 2180098 impor-bahan-baku-dilonggarkan-demi-inflasi-W7DpMY9Mir.jpg Pasar Tradisional. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo angkat suara terkait dampak virus korona dalam perekonomian Indonesia yang dirasakan oleh beberapa sektor. Presiden juga meminta kepada jajaran Menterinya untuk memberikan kelonggaran pada impor bahan baku. Hal ini agar harga-harga dalam negeri tidak mengalami kenaikan.

"Di sana terganggu suplai, artinya di sini kalau kita enggak memberikan kelonggaran juga terganggu. Kalau terganggu, artinya harga pasti naik. Kalau harga naik larinya nanti inflasi naik" jelas Jokowi.

Pasalnya, kenaikan harga nantinya akan berimbas pada angka inflasi yang bisa kembali meningkat. Karena dalam lima tahun, pemerintah telah berhasil menurunkan angka inflasi dari kisaran 8% hingga 9% menjadi stabil di kisaran 3,5%.

"Ini yang sudah kita jaga 5 tahun. Berpuluh-puluh tahun inflasi di atas 8-9%. Kita sudah bisa menjaga di posisi kurang lebih 3% selama 5 tahun ini. Jangan sampai terganggu gara-gara hal seperti ini," ungkapnya.

Baca Selengkapnya: Sederet Catatan Presiden Jokowi soal Dampak Virus Korona ke Perekonomian

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini