Uang Bisa Sebarkan Virus Korona, Bagaimana dengan Rupiah?

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 09 320 2180606 uang-bisa-sebarkan-virus-korona-bagaimana-dengan-rupiah-WfctGdOoD5.jpg Benarkah Penyebaran Virus Korona Bisa Melalui Uang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan bahwa uang tunai atau uang kertas dapat berkontribusi pada penyebaran virus korona atau Covid-19

Merespons hal itu, Federal Reserve memutuskan uang kertas dolar Amerika yang datang dari China dikarantina akibat epidemi virus corona.

Juru bicara Bank Sentral AS mengatakan, prosedur baru itu mengharuskan periode penahanan yang lebih lama sehingga uang yang datang dari China atau daerah mana saja di Asia akan ditahan setidaknya selama tujuh hingga 10 hari sebelum setoran diproses.

Sebelumnya, Bank sentral China mengumumkan akan segera menghancurkan uang tunai yang diduga menjadi potensi penyebaran virus korona. Uang tunai ini akan dikumpulkan dari rumah sakit, bus, dan pasar di daerah sebagai langkah minimalisir penularan wabah.

Melansir Business Insider, Senin (17/2/2020), People's Bank of China memerintahkan semua mata uang kertas dengan eksposur yang tinggi terhadap wabah untuk didesinfeksi atau bahkan dihancurkan. Bank-bank komersial diminta untuk mengumpulkan uang kertas dari area yang terinfeksi kemudian membersihkan dan menyerahkannya ke bank central.

Lantas bagaimana dengan uang Rupiah di tengah virus korona?

Baca Selengkapnya: Uang Dolar AS dari China Akan Dikarantina hingga 10 Hari

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini