Jamu Presiden Jadi Perhatian, Kenali Khasiat Rempah Indonesia yang Bernilai 'Wah'

Rani Hardjanti, Jurnalis · Sabtu 21 Maret 2020 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 21 320 2187012 jamu-presiden-jadi-perhatian-kenali-khasiat-rempah-indonesia-yang-bernilai-wah-zCvyK24Wqn.jpg Jamu (Indoindian)

JAKARTA - Jamu ramuan Presiden Jokowi kian menjadi perhatian lantaran menjadi hadiah kepada 3 pasien Covid-19. Hadiah itu langsung diberikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto karena ketiganya kini telah berhasil melawan Virus Corona.

Jauh sebelum Covid merebak, Presiden pernah memposting sebuah vlog mengenai rutinitasnya meminum jamu. Dia pun membagikan racikan jamu yang dikonsumsinya setiap pagi. Jamu itu terdiri dari rajangan atau potongan temulawak, jahe, kunyit.

"Ini baik untuk kebugaran," ujar Presiden dalam Vlog-nya dikutip Selasa 18 Maret 2020.

 Baca juga: Virus Corona Merebak, Harga Bahan Baku Jamu Kian Mahal

Seperti diketahui, konsumsi jahe, kunyit, dan temulawak dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi memerangi Covid-19 dibutuhkan imunitas yang tinggi.

Jamu memang minuman berkhasiat khas Indonesia. Menjadi khas karena Indonesia kaya dengan rempah-rempah. Seperti dikutip dari Instagram Kementerian Pertanian, rempah-rempah bisa jadi peluang ekspor untuk Indonesia dan berjaya lagi di pasar internasional karena kemiri, temulawak, pala, dan rempah lainnya sangat diminati meskipun harga jualnya tinggi.

Apa aja sih rempah-rempah asal Indonesia yang paling laku di pasar dunia dan berapa harga jualnya? Berikut ini selengkapnya, seperti dikutip Sabtu (21/3/2020).

 Baca juga: Keren! Pengusaha Muda Jajaki Ekspor Jamu ke Australia

1. Cengkeh :

Memiliki harga jual Rp500.000 per kg

2. Kemiri :

Harga jual mencapai Rp40.000 per kg, namun jika sudah diolah menjadi minyak kemiri harganya menjadi Rp700.000 per kg.

 Baca juga: Wapres JK Ingin Citra Jamu Indonesia Mendunia

3. Kemukus :

Diekspor ke negara Eropa, Jepang dan kawasan Asia Timur lainnya harga jual kemukus mencapai Rp40.000.

4. Kayu Manis : Kayu manis biasanya digunakan untuk bahan tambahan kosmetik dan minyak wangi dengan harga jual Rp70.000 per kg.

5. Kapulaga

Sebagai penghasil kapulaga terbesar di Asia, harga jual rempah ini di luar negeri mencapai Rp400.000 per kg, sedangkan di Indonesia hanya Rp45.000 per kg.

6. Pala

Sulawesi Utara dan Aceh Selatan merupakan daerah penghasil pala di Indonesia. Harga jual pala yang sudah diekspor mencapai Rp110.000 per kg.

7. Vanili

Vanili menjadi komoditi termahal kedua di dunia dengan harga jual mencapai Rp650.000.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini