nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Kabar Fasilitas Karantina Covid-19 di Batam?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 16:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 22 470 2187256 apa-kabar-fasilitas-karantina-covid-19-di-batam-5VXgTUy2xV.jpg Fasilitas Observasi Karantina Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Dok. PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan informasi terkini mengenai fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi penyakit menular, utamanya COVID-19 (Corona) di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Untuk Pulau Galang hampir sama komponmen pekerjaannya (seperti di Wisma AtletKemayoran) Kita merehab RS camp Vietnam dulu. Itu sudah 80%. Kemudian membangun sedikit untuk observasi dan isolasi, tahap pertama sudah 28 Maret, 400 unit atau 400 tempat tidur selesai observasi dan 50 untuk isolasi," ujarnya, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Siap Dioperasikan Jadi RS Darurat Covid-19

Kemudian untuk pembangunan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) dalam mendukung ketersediaan air baku bagi fasilitas observasi sudah selesai. Di mana sebelumnya, jaringan pipa transmisi tersebut memiliki panjang 13,85 kilometer (Km) dari Waduk Monggak ke Embung Camp Vietnam sudah dipasang.

"Jadi listrik masuk, air sudah masuk. Insya Allah pada tanggal 28 sudah siap. Jadi masyarakat kita tidak perlu khawatir dan siap melayani antisiaspsi virus ini," ujarnya.

Baca Juga: Intip Kesiapan Wisma Atlet Jadi RS Darurat Covid-19

Sebelumnya, Pemasangan pipa transmisi berdiameter 4 inchi telah dikerjakan Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Ditjen SDA Kementerian PUPR sejak 8 Maret 2020 dan saat ini konstruksinya sudah selesai 100%. Selain itu juga dilakukan Instalansi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 5 liter/detik dan reservoir berkapasitas 50 m3 dari Waduk Monggak Rempang, saat ini progresnya mencapai 95%. Pekerjaan tersebut meliputi pemasangan pompa air berkapasitas 5 liter/detik yang menyalurkan air dari reservoir ke clean water tank.

Waduk Monggak Rempang menjadi pilihan untuk sumber air baku untuk fasilitas observasi karena memiliki debit air yang cukup yakni sebesar 232 liter/detik dan lokasinya tidak jauh dari Pulau Galang yakni berjarak 16 km. Waduk ini memiliki volume tampung 5,1 juta m3 dengan luas genangan 154, 6 hektar.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini