nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Progres Fasilitas Karantina Virus Corona di Batam Sudah 80%

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 07:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 22 470 2187335 progres-fasilitas-karantina-virus-corona-di-batam-sudah-80-CHMqs063qW.jpg Fasilitas Observasi Karantina Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Dok. PUPR)

JAKARTA - Selain Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran, pemerintah juga menyiapkan fasilitas observasi/isolasi atau karantina pasien virus corona di Batam. Hingga saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 80%.

"Untuk Pulau Galang hampir sama komponmen pekerjaannya (seperti di Wisma AtletKemayoran) Kita merehab RS camp Vietnam dulu. Itu sudah 80%. Kemudian membangun sedikit untuk observasi dan isolasi, tahap pertama sudah 28 Maret, 400 unit atau 400 tempat tidur selesai observasi dan 50 untuk isolasi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembangunan fasilitas ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo bahwa diperlukan fasilitas observasi/penampungan/karantina untuk pengendalian infeksi virus corona di Pulau Galang dengan target selesai akhir Maret 2020.

Lokasi yang dipilih yaitu di eks pengungsi Vietnam dan area pengembangan yang berjarak 60 Kilometer (Km) dari Bandara Hang Nadim dan 56 km dari Kota Batam dengan memanfaatkan lahan seluas 20 hektar dari total luas area 80 hektar.

"Target yang diberikan Bapak Presiden adalah 2-3 minggu harus selesai dan siap untuk dimanfaatkan. Tidak hanya bangunan untuk observasi/penampungan/karantina (termasuk isolasi) saja, tetapi juga fasilitas pendukungnya, seperti rumah dokter/perawat, dapur umum, gudang, laundry, dan lain-lain,” kata Basuki,

Baca Selengkapnya: Apa Kabar Fasilitas Karantina Covid-19 di Batam?

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini